Membangun Kemampuan Manajemen Pemasaran Melalui Labeling Produk Dan Internet Marketing Pada Usaha Frozen Food di Kecamatan Rambipuji

Penulis : Oktanita Jaya Anggraeni

MEMOPOS.com,Jember - Pengembangan bisnis UMKM saat ini sangat memerlukan kreativitas terutama bagi para pelaku UMKM agar lebih semangat untuk menciptakan inovasi dimasa pandemi sehingga akan membantu dalam pertumbuhan ekonomi dan agar dapat bertahan. 

Salah satunya dengan melakukan pemasaran melalui e-commerce atau platform online dengan  memanfaatkan elektronik yang semakin canggih sehingga pemasaran meningkat dan juga tetap mempertimbangkan solusi yakni dengan protokol kesehatan yang ketat. Inovasi lainnya dapat berupa menciptakan produk yang berkualitas dengan biaya rendah dan penjualan yang sederhana tetapi efektif, strategi bisnis dan mengubah bentuk fisik produk itu sendiri. Politeknik Negeri Jember sebagai lembaga pendidikan vokasi yang melakukan transfer dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan secara khusus mahasiswa dan secara umum yaitu masyarakat luas melalui unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tim pelaksana kegiatan dari Politeknik yang diketuai oleh Dessy Putri Andini, SE, MM memberikan penyuluhan dan pelatihan manajemen pemasaran yaitu pembuatan labeling produk dan memberikan informasi terkait internet marketing. Label produk merupakan hal penting sebagai sarana promosi produk.

Pelatihan manajemen pemasaran ditujukan untuk usaha frozen food yang baru dirintis pada masa pandemi Covid-19 sebagai inovasi untuk peningkatan usaha kue basah yang telah berdiri sejak tahun 2015, sebagai pemilik usaha yaitu ibu Endang Prasetyaningsih. Kegiatan pelatihan manajemen pemasaran dilakukan pada 13 September sampai 24 September 2021. Pelatihan ini diharapkan dapat mampu pembawa perubahan pada pemasaran produk dan penghasilan khususnya bagi pemilik usaha yang berlokasi di Desa Rambipuji, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember. 

Hasil kegiatan pelatihan tersebut menurut Oktanita salah satu anggota tim pelaksana kegiatan,mengatakan bahwa pemilik usaha diharapkan mampu melakukan pemasaran produk melaui media whatsapp, facebook dan internet marketing yang lain guna memperluas pasar. Melalui pelatihan manajemen pemasaran yang dilakukan, pemilik usaha dibantu untuk membuat label serta memasarkan produk pada whatsapp, instagram dan facebook. Kegiatan pelatihan yang dilakukan dilanjutkan dengan pendampingan pada usaha tersebut.

Related

Opini 603744472607937304

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item