Pangdam V/Brw Terima Paparan Tentang Perkembangan Penanganan Gunung Semeru

Pangdam V Brawijaya Saat Terima Paparan

MEMOPOS.com,Lumajang - Dalam rangka penanganan Erupsi Gunung Semeru yang terjadi di wilayah Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Kodam V/Brw bergerak cepat untuk melakukan berbagai upaya penanganan terdampak bencana Gunung Semeru di wilayah tersebut.

Pangdam V/Brw Mayjen TNI Nurcahyanto Menerima Paparan dari Danrem 083/Bdj Kolonel Inf Irwan Subekti terkait masalah penanganan Erupsi Gunung Semeru yang memasuki hari ke 8 (delapan), Sabtu (11/12/2021).

Kolonel Inf Irwan Subekti telah menyampaikan paparan terkait kondisi terkini Erupsi Gunung Semeru yaitu Asap kawah utama berwarna putih masih terlihat keluar dari Semeru, Cuaca di lokasi cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah utara, timur laut, dan timur dengan suhu udara 23-24 derajat Celcius.

Lebih lanjut, Masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 1 Km dari kawah/puncak G. Semeru dan jarak 5 Km arah bukaan kawah di sektor tenggara - selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

Agar Masyarakat menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi dan Mewaspadai ancaman lahar di alur sungai/lembah yg berhulu di Gunung Semeru (mengingat banyaknya material vulkanik yg sudah terbentuk).

lebih lanjut, relokasi pengungsi terdampak bencana di dua kecamatan tersebut akan dipersiapkan di dua titik, masing-masing adalah Desa Oro-oro Ombo dan Menanggal.

"Untuk relokasi disiapkan di dua tempat, di Kecamatan Pronojiwo disiapkan di Desa Oro-oro Ombo dan Kecamatan Candipuro di Desa Menanggal, ujar Irwan.

Lebih lanjut Irwan menjelaskan bahwa dua titik relokasi itu merupakan daerah Perhutani yang sudah diproyeksikan sebelumnya oleh Pemkab Lumajang.

Menanggapi paparan yang sampaikan Danrem 083/Bdj, Pangdam V/Brw dalam arahannya menyampaikan agar segera begerak cepat dan diyakinkan betul segala kesiapannya baik matriil maupun personel, Untuk itu, semua fokus tentang kesiapan tersebut penanggulangan erupsi gunung Semeru ini.


 (Penrem 083/Bdj)


Related

Suara TNI 2725674012002901060

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item