Wakil Bupati Jember Menjadi Salah Satu Pembicara Dalam Dialog Lintas Agama

Wakil Bupati Saat Jadi Pembicara Dalam Dialog Lintas Agama

MEMOPOS.com,Jember - Wakil Bupati Jember K.H. M.B. Firjaun Barlaman menjadi salah satu pembicara dalam Dialog Lintas Agama yang dihadiri oleh berbagai kelompok masyarakat lintas agama, Senin (15/11/2021).

Wabup Firjaun menyampaikan, Indonesia terbentuk dari keberagaman suku, budaya dan agama, oleh karena itu setiap warga Indonesia wajib mengakui dan menjaga keberagaman tersebut.

“Mengakui dan menjaga keberagaman itu termasuk dari cinta negeri Indonesia, istilahnya hubbul wathoniyah dalam agama Islam, dan itu sebagian dari Iman. Dalam Sumpah Pemuda menyatakan kami berbangsa satu, bangsa Indonesia. Nah menyatakan bangsa, sudah tidak melihat latar belakang agama, suku maupun lainnya lagi, yang ada kita semua beridentitas satu sebagai bangsa Indonesia, siapapun asal orang Indonesia itu saudara kita,” ungkap Wabup Firjaun.

Lebih dari itu, asas kemanusiaan menjadi alasan utama untuk saling menjaga toleransi dalam keberagaman.

“Tidak hanya terbatas dalam satu negara kita saja, dari mana pun juga, asal sama manusia maka kita wajib saling menghormati, saling menghargai, saling menolong, saling toleransi,” sambungnya.

Wabup Firjaun menjelaskan Kabupaten Jember saat ini aman terkendali dari potensi isu intoleransi. Dia akan terus memupuk silaturahmi antar lintas agama melalui acara-acara seperti ini di Jember. Dia yakin dengan silaturahmi, menjalin terus komunikasi warga lintas agama akan menjauhkan Jember dari potensi konflik yang tidak diinginkan bersama.

“Dalam agama Islam, diajarkan “Orang yang paling baik adalah orang yang bermanfaat bagi manusia lainnya”, maka ayo saling menjaga ketentraman, jangan bikin onar, jangan bikin resah dan jangan bikin kegaduhan,” pesannya. (ndik)

Related

Headline 6344559916976291508

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item