Sambut Hari Pahlawan WBP Lapas Banyuwangi Ikuti Upacara

Jajaran Lapas Kelas IIA Banyuwangi Laksanakan Upacara

MEMOPOS.com,Banyuwangi - 10 November merupakan Hari Pahlawan,dengan demikian Bangsa Indonesia setiap tahunnya memperingatinya. Hal ini dilakukan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan pahlawan yang telah berjuang mengusir penjajah di bumi Indonesia. Puncaknya terjadi pada peristiwa heroik di Surabaya tahun 1945 yang menelan banyak korban.

Selama dua tahun terakhir upacara peringatan Hari Pahlawan digelar secara virtual dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum merda. Pada tahun ini Lapas Banyuwangi Kanwil Kemenkumham Jatim kembali menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan secara langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Upacara digelar di lapangan tenis Lapas Banyuwangi yang diikuti oleh seluruh petugas dan perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) baik pria maupun wanita, Rabu (19/11/2021).

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Sosial RI dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021 yang mengusung tema "Pahlawanku Inspirasiku". Dalam amanatnya, Menteri Sosial berpesan kepada bangsa Indonesia agar terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia. Jadikan perbedaan sebagai kekuatan untuk memperbanyak dan memperkuat bangsa Indonesia.

Mensos melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 berharap seluruh rakyat Indonesia agar terus bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Usai membacakan amanat tersebut, Wahyu mengatakan pelaksanaan kegiatan upacara kali ini merupakan salah satu tanda bahwa kondisi pandemi di Indonesia sudah mulai  membaik. Namun ia berpesan kepada seluruh petugas dan WBP agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Setelah serangkaian kegiatan upacara selesai, Wahyu memanggil beberapa WBP untuk diuji pemahamannya mengenai makna dari pahlawan dan diminta menyebutkan beberapa nama pahlawan di Indonesia. Hal tersebut menurutnya, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman WBP terhadap pahlawan dan untuk mengetahui arti pahlawan dari sudut pandang WBP.

"Saya berharap WBP di Lapas Banyuwangi ini dapat memahami makna peringatan hari pahlawan dan dapat meneruskan perjuangan para pahlawan dalam menjaga kesatuan dan kesatuan bangsa dengan cara yang sederhana yaitu mengikuti pembinaan dengan baik di Lapas Banyuwangi dan bertekad menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya, " pungkasnya.(Im)

Related

News 7714126504291203318

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item