PMI Jember Ujung Tombak Distribusi Darah ke Rumah Sakit

Istimewa

MEMOPOS.com,Jember - PMI Kabupaten Jember telah menyediakan empat motor blood jet untuk melayani permintaan darah dari sejumlah  rumah sakit di Kabupaten Jember. Empat bloodjet ini tiap hari keliling ke rumah sakit-rumah sakit tersebut. 

Dalam sehari, minimal dua kali datang ke rumah sakit. Pasalnya, tahap pertama bloodjet ambil sampel darah pasiennya. Tahap kedua, petugas motor bloodjet mengantarkan darah dari kantor unit donor darah (UDD) PMI di Jalam Srikoyo nomor 115 Kelurahan/Kecamatan Patrang ke rumah sakit yang membutuhkan darah. Dengan adanya bloodjet, distribusi darah dari UDD PMI ke rumah sakit lebih cepat dan efektif apalagi dimasa pandemi COVID-19. 

Apalagi, jika keluarga pasien yang membutuhkan darah tidak banyak. Mereka bisa menghubungi UDD PMI Jember untuk mendapatkan pelayanan distribusi darah. Namun, banyak juga keluarga pasien yang membawa sampel darah dari rumah sakit ke UDD, kemudian kembali ke rumah sakit dengan membawa darah yang dibutuhkan. 

Butuh sekitar satu jam bagi petugas UDD PMI untuk menyediakan darah yang dibutuhkan pasien di rumah sakit. Sejak menerima sampel darah dari rumah sakit petugas melakukan proses seleksi sampai pengolahan darah sesuai dengan kebutuhan darah dari pasien dari rumah sakit. 

Sudah beberapa tahun ini PMI menyiapkan motor bloodjet. Petugas bloodjet ini yang rutin distribusi darah ke rumah sakit rumah sakit di Kabupaten Jember. “Hampir setiap hari mereka keliling ke rumah sakit untuk ambil sampel darah dan distribusi darah,” kata H EA Zaenal Marzuki SH MH, ketua PMI Kabupaten Jember. 

Dia menjelaskan, para petugas bloodjet ini dihubungi pihak rumah sakit jika ada butuh darah dari UDD PMI Kabupaten Jember. “Banyak juga keluarga pasien yang ambil darah ke UDD PMI dengan membawa sampel darah dari rumah sakit. Biasanya, petugas rumah sakit koordinasi dengan keluarga pasien apakah minta bloodjet atau diambil sendiri darah dari UDD PMI Jember,” ujarnya.


 (Sr)

Related

Headline 6990705601054419035

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item