Pemdes Desa Sembulung Salurkan Program “Kanggo Riko” Kepada 40 Warga RTM

Rini Herawati Penerima Bantuan Kanggo Riko

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Suasana gembira mewarnai suasana haru tentunya bercampur senang.Kurang lebih 40 warga Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Sembulung, Kecamatan Cluring,menampakkan raut wajah senang lantaran menerima bantuan Rp 100,000,000 secara bervariasi untuk modal pengembangan usaha dari progam “Kanggo Riko” dari Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Sembulung pada Selasa,(16/11/2021).

Masing - masing warga mendapat bantuan sebanyak Rp 2500.000,(dua juta lima ratus ribu rupiah).Semua berupa barang peralatan dapur dan usaha sesuai keperluan dan yang dibutuhkan warga penerima bantuan. 

Seperti diungkapkan Rini Herawati (38), warga Dusun Krajan, dirinya mengaku sangat senang mendapat bantuan berupa etalase,rak piring, teplon, alat alat dapur dan kebutuhan lainnya. Karena baru kali ini dia menerima bantuan modal usaha. Dari bantuan itu, dia berharap terus bisa mengembangkan usaha kecilnya bisa lebih besar lagi.

“Mudah mudahan bapak Suprayitno beliau menjadi  kepala desa terus selanjutnya. Dan selalu memberikan bantuan terhadap pedagang kecil seperti kami,” ujar Rini yang sehari - hari berjualan di depan lapangan. 

Sementara bantuan “Kanggo Riko” itu, menurut Suprayitno selaku Kepala Desa (Kades) Sembulung, memang disalurkan kepada warga RTM. Pemdes berharap bisa membangun ekonomi kerakyatan. Secara garis besar bantuan hibah yang di gelontorkan dari Dana Desa (DD) itu untuk menekan angka kemiskinan di wilayah desanya.

“Terget kita angka kemiskinan bisa turun 1 persen pertahun dan dengan bekerja sama dari semua elemen masyarakat tahun 2022 bisa menjadi desa swasembada,” jelas Kades Prayit.

Bantuan Kanggo Riko ke warga penerima manfaat nantinya, di yakinkan bisa sukses dalam mengembangkan modal usahanya. Sebab, jelas Kades Prayit, bagi warga yang berhasil, mereka bia membuat kelompok dan mendapatkan pinjaman lagi di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Bantuan ini sebagai langkah awal yang baru bagi mereka yang mendapatkan bantuan “Kanggo Riko”, khususnya di Desa Sembulung. Bantuan hibah ini kita pantau terus perkembanganya, jika tidak berhasil tidak akan saya ikutkan kelompok. Bagi yang berhasil mereka berhak membuat kelompok sendiri dan pemerintah desa akan memfasilitasi dengan memberikan pinjaman dari Bumdes,” jelasnya. (Im)

Related

Headline 8977117603713176363

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item