Wabup Evaluasi Program 1 OPD 1 Desa Dampingan

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati Saat Pimpin Rapat Evaluasi

MEMOPOS.com,Blora - Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati,ST, MM, memimpin Rapat Evaluasi Tenaga Pendamping Program Satu Perangkat Daerah Satu Desa Dampingan diruang rapat Wakil Bupati, Selasa (27/10/2021), di ruang rapat kantornya.

Rapat dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial P3A,Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya Bappeda, Kepala bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Blora dan para perwakilan Perguruan tinggi.

Wakil Bupati mengucapkan terimakasih para bapak ibu yang sudah hadir dirapat ini, kami berharap Bapak/Ibu semua bisa membatu dalam Pendamping Program Satu Perangkat Daerah Satu Desa Dampingan.

"Terimakasih sudah pada datang, dari program ini sudah ada beberapa OPD yang aktif di lapangan, dirapat ini saya harap kendala yang ada di lapangan nantinya bisa disampaikan sehingga nanti bisa dilakukan evealuasi saat sudah terjun lapangan " ujarnya.

Mbak Etik sapaan Wabup menjelaskan terkait kemiskinan yang ada di kota dan desa bisa di inventarisasi dan pendamping memiliki pedoman yang sama untuk dipedomani bersama terkait kriteria DTKS.

"Kalau ini nanti sudah bisa untuk pegangan untuk turun ke lapangan, sehingga nanti bisa menyamakan peresepsi dalam menangani kemiskinan yang ada saat ini," ucapnya.

Wabup menambahkan Permasalah yang ada di desa nantinya juga bisa diinventarisasi semua dan sebanyak banyak mungkin, untuk pecahkan masalah secara bersamaan.

"Tahap awal harus diinventarisasi dulu, sehingga kalau sudah terangkum nanti bisa dirapatkan dan bisa dikelompokkan permasalahan yang ditemukan atau kelebihan yang ditemukan" kata Wabup

Tak hanya itu, lanjut Wabup OPD pendamping nantinya diharapkan bisa menghasilkan inovasi unggulan yang ada di desa dampingan. 

" Program ini nanti diharapkan bisa berkesinambungan untuk terus lakukan, sebagai komitmen kita, Bapak Bupati juga ingin pendampingan dari Perguruan tinggi dari sejumlah wilayah untuk membantu pendampingan desa di Blora" tambah Wabup

Wabup juga menambahkan sebenarnya dari Provinsi juga ada pendampingan Desa miskin hanya saja untuk Blora tidak ada mengingat desa yang didampingi khusus di daerah miskin extrim.

" Alhamdulillah Blora tidak ada, namun begitu, kita tetap harus mengentaskan kemiskinan yang ada saat ini" tutur Wabup

Drs. Mamik Slamett MM, M.Pd selaku Ketua Tim Pendamping dari Perguruan Tinggi untuk Program 1 Perangkat Daerah 1 Desa Dampingan mengaku pihaknya bersama tim melakukan sistem jemput bola dalam pendampingan. 

"Ada beberapa yang sudah aktif ada beberapa yang memang masih melengkapi organisasi tim pelaksanaan, dan ada tim yang sudah hadir, ini tentu menjadi semangat kita bersama untuk ikut dalam pendampingan desa " Jelasnya 

Mamik juga menjelaskan di beberapa Desa sebenarnya sudah ada yang punya UMKM hanya saja mereka terkendala dipemasaran, selain itu UMKM yang sudah ada juga harus ditingkatkan kualitasnya. 

“kalau bisa ada pengepul, kami juga memiliki gagasan, ada satu produk unggulan, disetiap desa meski banyak ragam yang ada namun paling tidak ada satu unggulan yang menjadi icon desa tersebut " tuturnya 

Tak hanya itu Mamik juga berharap kerjasama dengan kepala desa bisa berjalan dengan baik untuk mendukung program ini.


(ardy)

Related

Pemerintahan 5584459379734432483

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item