Tim Vaksinator PMI Belajar Vaksinasi ke Puskesmas Mangli

Istimewa

MEMOPOS.com,Jember - Tim vaksinator PMI Kabupaten Jember dari unsur klinik, markas dan unit donor darah (UDD) PMI Kabupaten Jember mengikuti pelatihan untuk belajar vaksinasi kepada dinas kesehatan (Dinkes) Jember. Tim PMI Kabupaten Jember nantinya akan ikut mempercepat vaksinasi dengan menyelengarakan Program Sentra Vaksinasi PMI dari PMI Pusat. PMI memiliki tenaga kesehatan yang dinilai mampu menyelenggarakan vaksinasi. Tentu PMI juga  kerjasama dengan Dinkes Kabupaten Jember. Bahkan, Kepala puskesmas Mangli Kecamatan Kaliwates dr Dina Nurul Agustina ikut mendampingi. 

Tim vaksinator PMI Kabupaten Jember yang dipimpin oleh Kepala Klinik Pratama PMI drg Ayu Dwi Anggraeni belajar praktik vaksinasi. Tim PMI belajar langsung kepada puskesmas Mangli yang sedang melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat umum. Sebenarnya, tim vaksinator PMI sudah belajar diinternal untuk vaksinasi.  “PMI Kabupaten Jember akan menyelenggarakan  vaksinasi sendiri untuk membantu mempercepat vaksinasi Covid-19,” kata ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Dia menjelaskan, sudah tiga hari ini tim vaksinasi PMI Kabupaten Jember belajar praktik system vaksinasi di Puskesmas Mangli. “Nantinya agar pelayanan vaksinasi yang dilakukan PMI Kabpaten Jember lancar dan tidak ada hambatan, maka tim vaksinator PMI belajar praktik vaksinasi ke puskesmas Mangli yang sudah pengalaman,” ungkapnya. 

Selama ini PMI Kabupaten Jember sifatnya hanya membantu dalam kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan berbagai pihak. Termasuk yang dilaksanakan dinkes dan puskesmas-puskesmas. “Selama ini sifatnya hanya membantu nanti kita akan menyelenggarakan vaksinasi sendiri,” imbuhnya. 

Menurut Haji Zaenal, sapaan karibnya, selama pandemic Covid-19, PMI Kabupaten Jember sudah berupaya sekuat tenaga terlibat langsung maupun tidak langsung dalam upaya pencegahan sampai penanganan Covid-19. “begitu Covid-19 muncul PMI kabupaten Jember langsung beraksi, tidak hanya omong tetapi bertindak secara langsung,” ungkapnya. 

Mulai dari sosialisasi, penyemprotan disinfektan, bagi masker, bagi-bagi sprayer, bagi sembako, membantu vaksinasi sampai produksi plasma konvalesen. “Termasuk menyediakan mobil jenazah sekaligus tim pengantar jenazah Covid-19. Insyaallah PMI ikut berjuang sekuat tenaga dalam melawan Covid-19,” imbuhnya. 

Kepala Klinik Pratama PMI Kabupaten Jember drg Ayu Dwi Anggraheni menjelaskan hal itu menindaktanjuti surat Pengurus Pusat PMI Nomor :1220/KESIlX/2A21,  24 September 2021. Yaitu tentang : Distribusi Atokasi Vaksin COVID-19 dari Kemenkes Rl untuk PMI Provinsi di Pulau Jawa, Provinsi Aceh dan Provinsi Lampung. Serta hasil rapat koordinasi PMI Provinsi Jawa Timur dengan PMI Pusat dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur  September 2021. 

PMI Kabupaten Jember sudah berkordinasi secara virtual dengan para pihak terkait dalam  Program Sentra Vaksinasi PMI. “Setelah siap, kami akan segera menyelenggarakan vaksinasi sebagimana Program Sentra Vaksinasi PMI,” ujarnya. 

(Irwan/Han)

Related

Headline 1243820875753556434

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item