Produksi Buah Naga Meningkat Dengan Aplikasi PGPR PLANT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA

Oleh : Irma Wardati, Triono Bambang Irawan dan Rahmawati Politeknik Negeri Jember

MEMOPOS.com,Jember - Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah petani buah naga yang tergabung dalam kelompok tani Buah Naga yang diketuai oleh Bapak Moklis yang mempunyai total anggota 15 orang dengan usaha di bidang budidaya tanaman buah naga. Plant Growth 

Promoting Rhizobacteria (PGPR) merupakan bakteri yang mendukung pertumbuhan produksi tanaman yang pembuatannya mudah dan murah tetapi belum diketahui kegunaannya secara luas oleh masyarakat petani sehingga cocok diterapkan oleh mitra petani buah naga di Desa 

Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Jember. Produk PGPR yang dikembangkan diharapkan akan membuka peluang wirausaha baru di bidang produk PGPR yang memberdayakan sumberdaya alam sekitar. Tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat berasal dari Politeknik Negeri Jember dengan ketua Irma Wardati, SP., MP. bersama anggota Ir. Triono Bambang Irawan, MP. dan Rahmawati, SP., MP. serta dibantu oleh 2 mahasiswa, yaitu Muhammad Rifki dan Farhan Ferdian Syah. 

Petani buah naga di Desa Kemuning Lor mengusahakan tanaman buah naganya dengan pemberian pupuk kimia dan organik, dan belum memanfaatkan sumberdaya hayati yang ada di alam, seperti PGPR. Cara mendapatkan dan pembuataan PGPR yang mudah akan tepatdisampaikan pada masyarakat petani buah naga di Desa Kemuning Lor, sesuai dengan salah satu misi Desa Kemuning Lor, yaitu menggali potensi ungulan desa dan menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

Produksi buah naga sangat dipengaruhi oleh pertumbuhan yang optimal, sedangkan pemeliharaan untuk mendukung pertumbuhan buah naga yang baik, di antaranya adalah dengan pemanfaatan teknologi PGPR. Triono Bambang Irawan menuturkan: “PGPR adalah mikroba tanah yang berada di sekitar akar tanaman, dan terlibat dalam memacu pertumbuhan serta perkembangan tanaman. Pemberian PGPR mampu menambahkan jumlah populasi bakteri penambat nitrogen yang dapat menyediakan unsur hara N, yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman”.

Praktek pembuatan PGPR diikuti oleh petani mitra dengan tekun dan antusias pada setiap tahapan proses kegiatan, sesuai dengan petunjuk yang diberikan, mulai tahap pemasakan media, pengambilan akar dan tanah di sekitar akar tanaman buah naga, inokulasi akar dan tanah ke dalam media, hingga proses penyimpanannya. Salah satu anggota kelompok tani yang bernama Abdul Hamid (51 tahun) menyampaikan: “Bahan utama untuk PGPR berupa akar dan tanah di sekitar perakaran tanaman buah naga banyak dan mudah didapatkan karena sudah ada di lingkungan lahan buah naga saya”.

Kegiatan aplikasi berupa demoplot juga dilaksanakan untuk melatih petani mitra dalammembuat larutan siap apikasi, konsentrasi dan cara aplikasinya. Rahmawati mengungkapkan: 

“Demoplot perlu dilakukan agar mitra dapat menerapkan aplikasi di lapang. Konsentrasi aplikasi PGPR yang dianjurkan adalah 10 ml/liter air, dengan dosis 2 liter/tanaman, dengan cara aplikasi disiramkan di sekitar perakaran tanaman buah naga”.Hasil evaluasi kegiatan dilaporkan oleh Irma Wardati:”Petani mitra yang pada awal kegiatan belum mengetahui tentang pemanfaatan dan pembuatan PGPR, setelah kegiatan menjadi mengerti dan memahami tentang PGPR dan manfaatnya, serta mampu membuat dan mengaplikasikan PGPR pada tanaman buah naga”. Kegiatan ini diharapkan membuka peluang kerjasama antara petani mitra, yaitu Kelompok Tani Buah Naga Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa dengan Politeknik Negeri Jember, dalam kegiatan praktek lapang mahasiswa, kegiatan penelitian mahasiswa maupun staf pengajar, serta kegiatan pengabdian oleh staf pengajar Politeknik Negeri Jember.


Related

Sosial Budaya 3390619420506489325

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item