Pengusaha Pasir Protes Pungutan Liar Dan Geruduk Gedung DPRD Banyuwangi

Para Pengusaha Pasir Bentangkan Spanduk di Depan Gedung DPRD Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwangi -  Penambang galian C di Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar aksi di DPRD setempat, Senin (25/10/2021) siang. Mereka memprotes sekaligus mengeluhkan maraknya pungutan. Mereka juga mendesak dibuatnya Peraturan Derah (Perda) terkait galian C sehingga ada alas retribusi yang jelas.

Para penambang dan pengelola galian C mengaku kerap menjadi korban pungutan liar sehingga berdampak banyak penambang gulung tikar. Padahal permintaan atas material galian C tetap tinggi seiring gencarnya pembangunan infrastruktur di Banyuwangi. 

“Terkait pungutan ini, memang kami belum mendapatkan bukti resmi. Tapi, keluhan sudah banyak. Dan ini riil,” kata Ketua Asosiasi Pertambangan Mineral Banyuwangi (Aspamin) Abdillah Rafsanjani usai bertemu Komisi IV DPRD Banyuwangi.

Agar tak terus muncul pungutan, pihaknya mengusulkan pembuatan Perda terkait retribusi galian C sehingga bisa masuk ke kas daerah. “Kami pun juga bisa tenang melakukan penambangan, karena ada payung hukum,” jelasnya. 

Diketahui, sejak adanya Undang-undang Omnibus Law, perizinan galian C ditarik ke pusat. Namun, daerah tetap memiliki wewenang membuat rekomendasi.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi Ficky Septalinda sepakat adanya usulan Perda retribusi galian C yang diusulkan asosiasi penambang. "Kami akan laporkan ke pimpinan. Terkait Perda, harus dikaji secara mendalam dengan stakeholder terkait,” kata politisi PDIP ini.

Persoalan pertambangan, menurut Ficky, melibatkan berbagai satuan kerja. Mulai persoalan regulasi, retribusi, pertanian dan infrastruktur. (Im)

Related

Headline 1414444723686577280

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item