Pelarggar Prokes Jadi Sasaran Operasi Patuh Polantas Banyuwangi

Petugas Nampak Membagikan Masker Terhadap Warga Yang Nongkrong di Wisata Plengsengan

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran covid-19 terus dilakukan. Bahkan Operasi Patuh Semeru yang biasanya menitikberatkan pada pelanggaran lalu lintas kini sasarannya diperluas pada pelanggaran protokel kesehatan dan kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Operasi Patuh Semeru digelar mulai 20 September 2021 sampai 3 Oktober 2021. Dalam pelaksanaan Operasi Patuh tahun ini, petugas dari korps sabuk putih tidak hanya fokus melakukan operasi lalu lintas di jalan raya. Tetapi juga fokus pada penerapan protokol kesehatan.

“Kita memperluas sasaran dengan melakukan patroli menghimbau masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan,” jelas Kasat Lantas Polresta Banyuwangi Kompol Akhmad Fani Rakhim, Jumat, 1 Oktober 2021.

Dia menambahkan, pengetatan protokol kesehatan ini penekanannya pada penerapan 5M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk mencegah potensi penularan covid-19.

“Tujuannya, agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya penerapan prokes dalam setiap aktivitas dan kegiatannya sehingga bisa menekan angka penularan covid-19,” tegasnya.

Petugas dari Satlantas Polresta Banyuwangi juga melakukan patroli ke tempat-tempat wisata dan pusat keramaian masyarakat untuk memberikan himbauan dan pemahaman akan pentingnya penerapan protokol kesehatan. Diharapkan akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Sambil melakukan sosialisasi, kami juga membagikan masker kepada masyarakat sekaligus kita berikan edukasi,” terangnya.

Meski demikian, menurut Fani, operasi lalu lintas juga tetap dilaksanakan. Penindakan pelanggaran lalu lintas di jalan tetap dilakukan bagi mereka yang kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas yang kasat mata dan  berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

“Untuk pelanggaran yang kasat mata dan rawan laka tetap dilaksanakan penindakan. Kalau yang kedapatan tidak menggunakan masker maka akan diberi masker. Itu sudah kita lakukan setiap hari,” tegasnya.(Im)

Related

Metropolis 5062031321278894025

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item