Makom Keramat Patilasan Buju'Linu Di Lereng Gunung Ijen

Makom Misterius Yang Berada di lereng Gunung Ijen

MEMOPOS.com,Banyuwangi- Munculnya sebuah makam misterius di jalur TWA Kawah Ijen menghebohkan sejumlah wisatawan. Makam tersebut ternyata petilasan Buju’ Linu yang dipercaya masyarakat lereng Ijen sebagai seorang raja dari Bali.

Konon pada tahun 80-an sebelum adanya akses jalan raya menuju Kawah Ijen, penambang belerang sering menggelar ritual di petilasan Buju’ Linu ini. Sebelum berangkat menambang, mereka terlebih dahulu menginjak-injakan kakinya di areal petilasan. 

Ritual ini dipercaya dapat memberi kekuatan penambang untuk memikul belerang dari dasar Kawah Ijen. Hal ini diungkapkan Sukisman (55) warga Desa Licin yang dulunya pernah bekerja sebagai penambang belerang di Kawah Ijen.

“Sekitar Tahun 80-an, akses jalan ke Ijen masih belum ada. Kendaraan hanya bisa sampai di Sodong. Jadi kalau penambang dulu ya mikul belerang dari kawah Ijen sampai Sodong. Dari Sodong belerang diangkut ke pabrik Candi Ngrimbi di Tamansari,” ungkap Sukisman.

Kala itu, kata Sukisman, sebelum menambang belerang, para penambang berhenti sejenak di petilasan Buju’ Linu yang tepat berada di sebelah Banyu Linu. 

“Di petilasan ini, penambang berkirim doa sembari menginjak-injakan kakinya di sekitar petilasan. Jadi dulu disitu nggak ada batu kijing. Cuma tanah di petilasan itu memang bersih tidak ada rerumputan,” katanya.

Namun semenjak akses jalan menuju Kawah Ijen sudah dibangun dan pos penimbangan belerang di pindah ke Pos Paltuding, tradisi itu sudah jarang dilakukan. 

“Kalau sekarang mungkin sudah nggak ada lagi penambang belerang yang lakukan ritual itu. Soalnya berangkat kerja sekarang sudah pakai kendaraan dan mikulnya sampai pos Paltuding. Kalau dulu kan jalan kaki jauh,” imbuhnya.

Sebelumnya, sejumlah wisatawan mengaku kaget dengan kemunculan makam misterius di pinggir jalan akses menuju TWA Kawah Ijen. Makam tersebut berada di sebelah kiri dari arah Banyuwangi. Atau tepatnya bersebalahan dengan Banyu Linu.

Usut-punya usut, lokasi makam misterius tersebut rupanya merupakan petilasan Buju’ Linu (mbah buyut Linu). Tak ada catatan pasti siapa Buju’ Linu ini. Namun oleh warga lereng pegunungan Ijen ia disebut-sebut sebagai salah satu raja dari Bali. (Im)

Related

News 387082654746922341

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item