Aster Kasad Tinjau Progres Fisik TMMD ke 112 Kodim 0818

Istimewa

MEMOPOS.com,Malang - Kunjungan Kerja (Kunker) pengawasan dan evaluasi (Wasev) oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayor Jendral TNI Nurcahyanto, M.Sc ke wilayah Kab. Malang kali ini dalam rangka kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 di Desa Tulungrejo Kecamatan Ngantang. Selama peninjauan Aster Kasad didampingi  oleh Danrem 083/Bdj Kol Inf Irwan Subekti, Aster Kasdam V/Brw Kol Inf Ahmad Basuki, S.I.P.,  dan Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi, M.M.,  Dandim 0818/Kab. Malang-Batu selaku Dansatgas TMMD serta Forkopimda Kab. Malang,  Senin, (4/10)

Dalam kesempatan peninjauan selain meninjau Posko Satgas, Aster Kasad juga melihat secara langsung Program Rutilahu/RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) di sasaran TMMD yaitu rumah Ibu Sulikah, Aster Kasad menjelaskan bahwa TMMD merupakan Program tahunan yang diselenggarakan oleh TNI, dimana kegiatannya dalam setahun dilaksanakan sebanyak 3 kali dan ini TMMD yang terakhir di tahun 2021 ini.   TMMD ke 112 ini dilaksanakan oleh 150 Satgas/Kodim diseluruh wilayah Indonesia dan salah satunya adalah wilayah Kodim 0818/Kab Malang-Batu Korem 083/Bdj.

Dalam TMMD sasaran menarik cukup banyak,  khususnya sasaran fisik dan semuanya menyentuh kepentingan masyarakat, salah satu contoh adalah rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).  Tadi saya melihat secara langsung bagaimana kondisi rumah tersebut, rumah yg terbuat dari bilik bambu yang tidak layak kemudian sekarang dirubah dan dibangun menjadi rumah yang sangat layak.  Rumah yang dihuni seorang ibu dengan status janda yang pendengarannya juga kurang sempurna karena faktor usia, beliau sangat-sangat bersyukur dan berterimakasih dengan adanya program ini. 

Aster juga mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah dengan adanya bantuan sapi,  itu sangat luar biasa untuk mata pencarian masyarakat dan pastinya akan menambah tingkat kesejahteraan. Dirinya juga  perpesan agar limbah kotoran sapi jangan dibuang kesungai,   ada solusinya dengan mengolah kotoran-kotoran sapi menjadi bio gas dan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat, imbuh Aster.

Selain program fisik, TMMD ini juga menyasar kegiatan Non fisik yakni  program stunting.  Ini merupakan kerjasama antara aparat pemerintah dengan kementrian kesehatan yang sudah dilaksanakan yang ke tiga. Jadi disetiap lokasi TMMD dipastikan ada program penyuluhan tentang pencegahan stunting yang  dilaksanakan oleh dinas kesehatan setempat dan didukung  oleh Persit Kodim.   Mereka berkolaborasi untuk saling membantu bagaimana meningkatkan pemahaman masyarakat tentang upaya untuk  mencegah stunting dan bagaimana anak kita menjadi sehat, Ujarnya. Dalam Kunjungan nya ini Aster Kasad juga memberikan bantuan Sembako dan Santunan kepada Anak Yatim Piatu. (Penrem083)

Related

Suara TNI 1220373088625634159

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item