1.380 Personel Polda Banten BKO Pengamanan Pilkades di Kabupaten Tangerang

Istimewa

MEMOPOS.com,Serang - Polda Banten dan jajaran melakukan pengamanan pemilihan Kepala Desa untuk mewujudkan Pilkades yang aman dan kondusif di seluruh Desa Kabupaten Tangerang, pada Minggu (10/10). 

Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga menyampaikan pelaksanaan pengamanan Pilkades di Wilayah Hukum Polda Banten tahun 2021 merupakan Operasi Kewilayahan, dengan manajemen perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan oleh Polda Banten beserta jajaran. 

"Pengamanan dilaksanakan untuk mencegah terjadinya Gangguan Nyata, Ambang Gangguan, dan Potensi Gangguan, yang mempengaruhi pelaksanaan Pilkades meliputi tahap persiapan, tahap pengundian, kampanye, masa tenang, dan pemungutan suara serta tahapan terakhir yaitu pelantikan dan konsolidasi," ujar Shinto Silitonga,Jumat (08/10/2021). 

Shinto Silitonga menyampaikan bahwa Polda Banten telah memetakan Wilayah kerawanan pada Pilkades serentak yang dilakukan di Wilayah Hukum Polda Banten. 

"Polda Banten dan jajaran melibatkan sebanyak 2.080 personel, dimana 1.080 personel BKO dari Polda Banten kemudian 300 personel tambahan dari Satbrimob Polda Banten yang memiliki keahlian termasuk tim handak, dan 500 personel dari TNI," ujar Shinto Silitonga. 

"Dengan demikian kekuatan personel pengamanan Pilkades serentak yang dilaksanakan di Kabupaten Tangerang diharapkan dapat terwujud, Pilkades yang aman dan kondusif," tambah Shinto Silitonga. 

Shinto Silitonga menyampaikan bahwa titik kerawanan sesuai hasil maping di Kabupaten Tangerang terdapat 9 desa, 131 TPS dianggap kurang rawan, 37 desa 563 TPS dianggap rawan, dan 18 desa 257 TPS sangat rawan. 

"Sebanyak 951 TPS di Kabupaten Tangerang, dalam artian sangat rawan ini salah satu indakatornya adalah adanya jarak yang cukup jauh dari tempat TPS dengan Kantor Polisi," kata Shinto Silitonga. 

Pelaksanaan Pilkades serentak ini diselenggarakan sampai akhir Oktober 2021, yaitu pada tanggal 10 Oktober di Kabupaten Tangerang, 17 Oktober di Kabupaten Pandeglang, dan 24 Oktober di Kabupaten Lebak. 

"Kami dari kepolisian akan memberi jaminan keamanan dan ketertiban pada saat pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah hukum Polda Banten, pastikan penerapan Prokes secara ketat saat pemilihan langsung di TPS-TPS," tutup Shinto Silitonga.


(Harun/Bidhumas).

Related

Metropolis 3415350177730248396

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item