Pemberdayaan Karang Taruna Desa Kemuning Lor Bersama Polije Dengan Pelatihan Pembuatan Minuman Instan Daun Kelor

MEMOPOS.com,Jember - Politeknik Negeri Jember telah melakukan kerjasama dengan Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa mengenai pembangunan desa binaan dan desa wisata melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui peningkatan pemberdayaan masyarakat dan mutu pendidikan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dunia industri di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, manajemen, dan pariwisata.

Salah satu sumber daya alam yang banyak tersedia dan belum termanfaatkan secara optimal di desa kemuning lor adalah daun kelor. 

“Daun kelor mempunyai banyak kandungan gizi, diantaranya kalsium, besi, protein, vitamin A, vitamin B dan vitamin C selain itu daun kelor juga tinggi zat besi dan mengandung berbagai macam asam amino yang banyak bermanfaat bagi tubuh terutama bagi ibu hamil” kata Yani Subaktilah.

Kegiatan pengabdian masayarakat yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 4 September 2021 ini memiliki tema “Introduksi dan Pelatihan Pengolahan Minuman Instan Daun Kelor dengan Mesin Pengolah Mekanis pada Karang Taruna di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember” .

Yani Subaktilah selaku ketua tim pengabdian masyarakat ini menerangkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat dengan sasaran Karang Taruna Desa Kemuning Lor ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat dan melibatkan 6 orang anggota karang taruna,kegiatan dilakukan dengan memberikan motivasi,wawasan, pengenalan alat,serta pelatihan pembuatan minuman instan dengan menggunakan mesin pengolah mekanis.

“Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memanfaatkan secara optimal sumber daya alam berupa daun kelor dengan penggunaan teknologi pada prosesnya selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan dan wawasan karang taruna akan penggunaan teknologi pada proses pengolahan,” kata Mulia Winirsya Apriliyanti.

Produk yang dihasilkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa minuman instan. Minuman instan daun kelor ini merupakan salah satu produk pangan berbentuk butir-butiran serbuk yang dalam penggunaanya mudah larut dalam air dingin atau air panas sehingga praktis,cepat saji dan mudah dalam pembuatannya.

Sesuai dengan temanya proses pembuatan meinuman instan daun kelor ini menggunakan mesin pengolah mekanis untuk mempermudah proses dan meningkatkan kapasitas produksinya.

Menurut Siti Djamila penggunaan mesin pengolah minuman instan ini dirasa akan sangat membantu dalam proses produksi minuman instan yang umumnya masih dilakukan dengan mengandalkan tenaga manusia.

“Mesin pengolah mekanis ini bekerja dengan prinsip pengadukan menggunakan penggerak motor listrik, penggunaannya dapat meningkatkan kapasitas produksi dan mempercepat proses pembuatan minuman instan sehingga proses produksi dapat berjalan lebih efektif dan efisien” terang Siti Djamila.

Pelatihan pengoalahan minuman instan daun kelor dalam rangka program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan sumberdaya Karang Taruna desa Kemuning Lor utamanya dalam memanfaatkan sumber daya alam yang berpotensi sebagai pangan fungsional. Selain itu juga dengan dilakukannya pelatihan ini , tim pengabdian juga berharap akan terjadi suatu kebermanfaatan dan transfer ilmu kepada Karang Taruna yang nantinya juga diharapkan akan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Related

Opini 6508404226186830727

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item