Pelatihan Sistem Informasi Geografis Sebaran IKM Untuk Layanan Diskoperindag Kabupaten Bondowoso

MEMOPOS.com,Bondowoso - Jika berbicara tentang teknologi, tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selamanya, selama peradaban manusia masih ada, teknologi akan terus menjadi hal terpenting dalam kehidupan. Hal yang saat ini sedang menjadi trand dan ramai diperbincangkan adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mana merupakan salah satu hal terpenting di abad ini. Tidak dapat dipungkiri kalau TIK tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari anak kecil hinga orang tua, pedagang kecil hingga pengusaha besar, baik disadari maupun tidak sudah begitu tergantung pada TIK.

Demikian pula dengan sektor perindustrian termasuk didalamnya adalah Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional. 

Untuk mewujudkan Industri Kecil dan Industri Menengah (IKM) yang berdaya saing sehingga mampu berperan signifikan dalam penguatan struktur industri nasional, pengentasan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja, serta menghasilkan barang dan/atau jasa industri untuk keperluan ekspor maka perlu dilakukan sebuah program pemberdayaan dan peningkatan kualitas IKM, sehingga peranan IKM sebagai sektor strategis dapat menjadi tulang punggung perekonomian nasional serta sektor dominan dari populasi industri di dalam negeri. 

Demikian pula Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di wilayah Kabupaten Bondowoso memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan pengembangan usaha daerah. Jumlah usaha/perusahaan menurut lapangan usaha di Kabupaten Bondowoso didominasi oleh 3 kategori lapangan usaha, yaitu pertama adalah jenis usaha perdagangan besar dan eceran sebanyak 42.946 usaha/perusahaan (39,90 %), kedua adalah industri pengolahan sebanyak 37.065 usaha/perusahaan (34.44 %) dan ketiga adalah jenis usaha penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum 7.552 usaha/perusahaan (7.02 %).

Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember yang terdiri dari Nugroho Setyo Wibowo, ST, MT, Dessy Putri Andini, SE, MM dan Arisona Ahmad, SE., M.S.A., Ak melaksanakan program pemberdayaan Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Bondowoso melalui sebuah program pelatihan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Program pemberdayaan ini dilakukan dalam bentuk sebuah pelatihan aplikasi Sistem Informasi Geografis Sebaran IKM Kabupaten Bondowoso kepada staff Diskoperindag Kabupaten Bondowoso serta para pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah yang ada di wilayah Kabupaten Bondowoso.

Pelatihan Sistem Informasi Geografis Sebaran Industri Kecil dan Menengah Kabupaten Bondowoso ini dilaksanakan pada tanggal 1-2 September 2021. Pelatihan diselenggarakan di Ruang Serba Guna Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso. Pelatihan dibuka oleh Kepala Seksi Kemitraan Usaha Mikro Dinas

Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowso. Dalam sambutannya Vita Anggraeni, ST, MM menyampaikan tentang pentingnya penguasaan teknologi informasi 

dan komunikasi dalam menghadapi dunia global dimana persaingan usaha semakin ketat dan kompetitif. Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi ini diharapkan dapat mendukung pelaksanaan pekerjaan dan manajemen di Industri Kecil dan Menengah, khususnya pelaku IKM di Kabupaten Bondowoso.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember, Bapak Nugroho Setyo Wibowo, ST, MT lebih lanjut menyampaikan setidaknya terdapat empat tujuan utama dari kegiatan pelatihan ini, yaitu: a) meningkatkan kualitas manajemen IKM di Kabupaten Bondowoso, b) peningkatan layanan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso, c) peningkatan jumlah IKM di Kabupaten Bondowoso, dan d) peningkatan jumlah serapan tenaga kerja yang ada di Kabupaten Bondowoso. 

Kegiatan pelatihan ini tidak hanya diberikan kepada pelaku Industri Kecil dan Menengah Kabupaten Bondowoso, namun juga diberikan kepada staff dan pegawai Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso. Dengan harapan bahwa pihak Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso juga memilki pengetahuan dan kompetensi yang sama mengenai keterampilan pengoperasian teknologi informasi dan komunikasi ini khususnya dalam penggunaan aplikasi Sistem Informasi Geografis Sebaran Industri Kecil dan Menengah Kbupaten Bondowoso.

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bentuk sebuah aplikasi Sistem Informasi Geografis ini menjadi pilihan terbaik karena selain memiliki kemampuan untuk menvisualkan sebaran dengan baik data IKM yang ada di Kabupaten Bondowoso, juga dapat memberikan manfaat bagi pihak Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso dalam monitoring dan evaluasi IKM di Kabupaten Bondowoso.

Related

Opini 6360764653773615848

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item