Gembleng Anggota KSR Markas PMI Diklat Tingkatkan Kapasitas Relawan Memasuki Musim Penghujan

Istimewa

MEMOPOS.com,Jember - PMI Kabupaten Jember mulai menyiagakan relawan memasuki musim penghujan. PMI Kabupaten Jember meningatkan kapasitas anggota korps sukarela (KSR) Markas PMI dengan menggelar  pendidikan dan pelatihan (diklatsar). Agar KSR markas PMI siap menghadapi bencana alam yang sering terjadi saat musim hujan.

Materi yang diberikan dalam pelatihan yang digelar secara luring dan daring di markas PMI Kabupaten Jember antara lain Materi teori dan Praktek Pertolongan Pertama. Yaitu Penilaian, Cidera Jaringan Lunak, Cidera sistem otot rangka, Evakuasi, ICS dan Triage, BHn D-RJP). Kemudian Assement, Monev-RKTL, Perawatan Keluarga,  dan Fasilitasi Palang Merah Remaja (PMR). 

Novita Arofah Ketua KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember menjelaskan diklat digelar untuk meningkatkan Kapasitas PMI Kabupaten Jember dalam kesiapsiagaan bencana dan penanggulangan bencana.”Relawan PMI yang sudah terlatih untuk mengimplementasikan kegiatan kesiapsiagaan  bencana dan pengurangan resiko untuk di sampaikan ke anggota baru. Ini sekaligus untuk  regenerasi,” kata Novita Arofah. 

Dia menjelaskan, diklat yang dipusatkan di aula markas PMI Kabupaten Jember digelar dengan menerapkan protocol kesehatan pencegahan COVID-19. “Karena masih pandemi dan PPKM akhirnya diklat dilaksanakan online dan offline alias luring dan daring,” imbuhnya. 

Sedangkan untuk prakteknya dilaksanakan di sesi kedua secara offline dengan mempertimbangkan protokol kesehatan .”Saturasi oksigen, nadi dan suhu di cek secara berkala setiap pagi dan sore kepada peserta dan panitianya,” ujarnya.

Diklatsar Anggota KSR PMI Unit Markas Kabupaten Jember dilaksanakan pada  24 - 25 Juli,  31 Juli - 01 Agustus. “Sedangkan untuk diklat daring dan diklat luring dilaksanakan pada tanggal 24 sampai 26 September 2021,”imbuhnya. 

Total Peserta Diklat 12 orang untuk yang mengikuti secara daring dan 7 orang untuk luring secara protokol kesehatan yang ketat . “Sisanya sejumlah 5 orang akan diikutkan diklat luring di waktu terdekat,”ungkapnya. (ndik/Gufron)

Related

Headline 2536427588282452366

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item