Dosen POLIJE Bantu Meningkatkan Perekonomian Peternak Sapi Perah

MEMOPOS.com,Jember - Dosen Politeknik Negeri Jember (Polije) terlibat aktif dalam mendampingi pengembangan usaha peternakan sapi perah di Desa Kemuning Lor, Kecamatan ,Arjasa Kabupaten Jember. Raden Roro Lia Chairina, Huda Ahmd Hudori, dan Uyun Erma Malika melakukan pendampingan melalui pengembangan Produk olahan dari susu segar sapi perah.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sumber dananya dari PNBP Politeknik Negeri Jember tahun 2021. Tujuannya untuk mengedukasi dan memberikan penyuluhan kepada peternak sapi perah terhadap pengolahan susu menjadi beberapa produk olahan,” tutur RR Lia Chairina selaku ketua tim pengabdian di Desa Kumuning Lor, Rabu (01/9).

Program pengabdian yang mereka lakukan berupa pengembangan produk olahan susu segar menjadi kerupuk susu karena dilihat selama ini produk susu masih minim sekali diolah menjadi beberapa produk olahan. Selama ini susu segar hanya dipasarkan begitu saja. Melihat daerah ini sangat potensial dalam pengembangan peternakan sapi perah di wilayah Kabupaten Jember. 

Karena letak geografis Desa Kemuning Lor berada di lereng Pegunungan Argopuro ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.

Huda Ahmad Hudori anggota tim pengabdian menambahkan bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi peternak adalah belum ada produk olahan susu segar menjadi kerupuk untuk meningkatkan nilai jual susu yang dapat meningkatkan pendapatan peternak sapi perah. Pemberlakuan standar bahan baku yang menyebabkan peternak sapi perah memiliki posisi tawar (bargaining position) yang agak rendah. Hal ini yang menyebabkan relatif rendahnya harga susu segar yang diterima oleh peternak di wilayah Desa Kemuning Lor.

Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi produk susu segar menjadi produk olahan untuk meningkatkan nilai jual susu yaitu dengan membuat kerupuk dari susu segar. Selain itu, pada kegiatan ini juga dilakukan pendampingan pengelolaan pembuatan kerupuk susu serta cara pemasarannya bagi masyarakat di desa Kemuning lor.

Uyun Erma Malika menambahkan kegiatan pengabdiannya juga mengacu pada strategi dan dan pembangunan Desa Kemuning Lor dalam rangka mewujudkan visi dan misi, serta arah kebijakan pembangunan Desa Kemuning Lor.

“Secara institusi, kegiatan pengabdian ini sesuai dengan Rencana Induk Pengabdian Polije fokus pada bidang kesejahteraan masyarakat, serta upaya Percepatan Pemulihan Kesejahteraan Masyarakat, ujarnya.

Sukadi, sebagai salah satu peternak sapi perah sekaligus mitra Polije mengungkapkan kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat sekali. Bahkan Sukadi menginginkan adanya pelatihan dan pendampingan dalam proses pembuatan berbagai olahan dari susu segar agar nantinya susu yang dihasilkan dapat menjadi berbagai olahan dan menjadi oleh-oleh khas desa kemuning dan menjadi salah satu ikon produk unggulan desa.

Related

Opini 991876062779055827

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item