Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Ditutup Karena Menghadapi Bulan 1 Suro

Para Wisatawan Saat Sedang Ditutup Oleh Petugas

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Memasuki bulan Suro yang bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1443 H, Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur sementara ditutup.

Hal ini sebagai langkah mengantisipasi terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di Bumi Blambangan. Betapa tidak, jika dibuka, jumlah wisatawan yang berkunjung pada momen tersebut diprediksi bisa mencapai ribuan orang.

"Kalau pas suro, apalagi pas malam suro, kalau dibuka biasanya bisa sampai ribuan orang datang di alas purwo, bukan hanya orang Banyuwangi, luar daerah juga banyak," kata Koordinator Konservasi Balai Taman Nasional Alas Purwo, Awang Sukayana kepada Media, Selasa (10/8/2021).

Bukan hanya ditutup, akses menuju lokasi ritual juga diperketat dengan adanya sejumlah titik penyekatan, terhitung sejak 9 Agustus 2021 kemarin hingga 11 Agustus 2021.

"Kami melakukan penyekatan di empat titik akses masuk ke TNAP. Jadi dipastikan pengunjung juga tidak bisa masuk. Penutupan kemungkinan juga mendapat opsi perpanjangan mengingat PPKM yang juga diperpanjang hingga 16 Agustus 2021, akan tetapi kami masih menunggu instruksi dari Balai TNAP," ujarnya.

Lebih lanjut Awang menjelaskan, sudah banyak wisatawan yang berdatangan dari berbagai daerah, namun mereka tetap harus putar balik untuk tidak melanjutkan kegiatan wisata di purwo.

"Kemarin ada yang dari Blitar, Jember, Surabaya itu semua disuruh kembali. Kami meminta maaf kepada pengunjung Alas Purwo karena saat ini belum bisa masuk," imbuh Awang.

Sebagai informasi, momen tidak diperbolehkan berkunjung di Taman Nasional Alas Purwo atau TNAP Kabupaten Banyuwangi pada bulan Suro sudah terjadi kedua kalinya, sebelumnya pada tahun lalu, dengan situasi dan kondisi yang masih dalam pusaran pandemi Covid-19. (Im)

Related

Headline 2414457415860863432

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item