Prof Dr.H.Muhammad, M.Pd.MS Mengapresiasi MAN 1 Lobar Menyantuni Anak Yatim

Istimewa

MEMOPOS.com,NTB - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) Prof.Dr.H. Muhammad, M.Pd.MS, mengacungkan kedua jempol tangannya sebagai tanda setuju jika kita menyempatkan diri untuk menyantuni anak yatim dan yatim piatu dimana pun kita berada.

Contohnya ada sebuah sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) di Lombok Barat (Lobar) Nusa Tenggara Barat (NTB) Kepala Sekolahnya bernama Ust H.Abdul Azis Faradi,S.Pd, M.Pd,dibantu guru-guru lain serta siswa siswinya kerap berbuat baik, menyantuni anak- anak yatim dan yatim piatu yang ada disekitar nya.

Guru Besar UIN Mataram Prof.Dr.H.Muhamnad,M Pd.MS, itu menyatakan "Berbuat baik kepada siapa pun, kapan saja, dan dimana saja, boleh kita lakukan.

Hal ini dikatakan guru besar UIN Mataram yang dikenal cerdas itu  kepada wartawan Media ini Muhammad Taqwa pada jumat (20/8/2021) via telp. 

Guru besar yang juga sebagai Rektor IAIN Bima NTB itu menjelaskan  berbuat baik itu adalah langkah terpuji dihadapan Tuhan. Tanpa memandang status sosial keturunan dan ras adalah salah satu ibadah.tuturnya.

Yang menarik kata Dia. Ditengah Pandemi Covid- 19 melanda dunia, termasuk di Indonesia, ternyata ada sekolah dibawah Kementerian Agama RI yaitu MAN 1 Lobar  memiliki ide brilian gelar acara menyantuni anak yatim dan yatim piatu.ungkapnya.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut hari besar Islam bulan Muharram dan HUT Kemerdekaan RI ke 76 tahun 2021 di MAN 1 Lobar.NTB.

Aktivitas terbatas melawan pandemi covid- 19 dengan Ide brilian dan luar biasa itu patut mendapat respon positif dari semua pihak.tandas nya

 Tentu saja ide cemerlang ini membuat Anak anak kita yatim dan yatim piatu itu sangat bergembira dan merasa dirinya  tak terpinggirkan. 

Orang tuanya telah tiada sehingg tidak mendapat kan kasih sayang yang seutuhnya.

Dipastikan Anak yatim dan yatim piatu yang ada disekitar kita sangat membutuhkan uluran tangan kita semua untuk membantu mereka dari berbagai keterbatasan nya.

Andai saja semua sekolah dan semua desa.swasta, PNS,aparat dan kita semua bahu membahu menolong anak yatim dan yatim piatu yang ada disekitar kita, tentu beban mereka Insya Allah terasa ringan. 

Berbuat baik itu mahal memiliki nilai tinggi dan terpuji dihadapan Tuhan Yang Maha Esa.tutupnya.

Kepala MAN 1 Lobar NTB  Ust.H.Abdul Azis Faradi, S.P.d M.Pd yang di hubungi media ini Via telp membenarkan bahwa dalam rangka tahun baru Islam di bulan Muharram ini dan HUT RI ke 76 tahun 2021 sekolah yang dipimpinnya gelar acara secara sederhana  menyantuni sejumlah anak anak yatim Dan yatim piatu.tuturnya.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

 Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir yang telah disediakan.memakai masker.menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

  Anak-anak yatim dan yatim piatu yang diberi santunan berasal dari lingkungan sekitar madrasah seperti Dasan Geres, Bile tepung, Pohdana, Batu Mulik,  Mendagi, pada  Kamis, 19 Agustus 2021 di Musholla MAN 1 Lombok Barat.

Acara tersebut di hadiri  perwakilan guru yang  bertajuk Indahnya berbagi. Yatim piatu menanti.

Acara di awali dengan membaca do’a hari asyuro yang di pimpin oleh ust Hanafi, S.Pd.I, dan dilanjutkan dengan sambutan kepala madrasah yaitu dirinya.

Atas pertanyaan wartawan Kasek yang cerdas itu menjelaskan  Muharram adalah bulan hijrahnya Rasulullah beserta sahabatnya.

 Momentum hijrah adalah momentum perubahan, karena sejarah menunjuk kan perubahan besar itu terutama dalam tersebar nya syiar Islam melalui perpindahan dari instabilitas Makkah menuju stabilitas Madinah.

artinya adanya ihtiar konkrit dari Rasulullah beserta para sahabat dengan perjalanan yang syarat tantangan bahkan ancaman.

Maka wajarlah kemudian Gubernur Abu Musa Al- Asyari mengusulkan kepada khalifah Umar bin Khattab beserta sahabat lainnya menyepakati pristiwa besar ini sebagai awal penanggalan tahun baru dalam kalender Islam.

Maksud dan tujuan dari kegiatan 10 Muharram ini adalah tidak hanya mewujudkan kesalehan personal tapi juga kesalehan sosial dalam membangun semangat kebersamaan.

Dengan berbagi terhadap sesama , terutama berbagi dan menyantuni anak yatim , serta membentuk  kompetensi sosial di tengah masyarakat. Ungkapnya.

 Kasek berharap dan mengajak kita semua untuk selalu muhasabah, mengambil ibroh (pelajaran Red) dari setiap pristiwa termasuk di dalamnya adalah pristiwa hijrah.

 Dengan Muharromnya yang banyak menyimpan fadhilah jika amal sholeh dilakukan termasuk menyantuni anak yatim di dalamnya.ungkapnya.

Semoga peringatan tahun baru Islam atau Muharram 1443 H. dapat memberi kan energi dan semangat baru untuk meniti perjalanan bulan berikut nya 

Sembar Ia menyebut sebuah hadits Nabi. "Barang siapa yang hari ini (tahun ini Red) lebih baik dari pada hari/tahun kemarin, maka dia adalah orang yang beruntung. jika kondisinya sama, maka dia adalah orang yang merugi.namun bila ternyata hari/ tahun ini lebih jelek dari kemarin, tinggal menuggu laknat dari Allah SWT." tutupnya.


Taqwa NTB.

Related

Headline 6523715172679110050

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item