Pokmas Owah Pikir Djoyo Wiguno Cluring Peringati HUT ke-76 RI,Gelar Upacara Di Tengah Sawah

Pokmas Owah Pikir Djoyo Wiguno Cluring Lakukan Upacara Sambut Hut RI ke 76 di Tengah Sawah

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Menjelang detik-detik pembacaan proklamasi kemerdekaan, warga masyarakat Desa Cluring, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi yang mengatasnamakan Pokmas "OWAH PIKIR DJOYO WIGUNO"menggelar upacara bendera di tengah sawah, Selasa (17/8/2021).

Puluhan masyarakat ini berduyun-duyun datang ke areal persawahan dan membentuk barisan melingkar pada area jalan setapak dipersawahaan tersebut di Gang Kelinci, Dusun Krajan tepatnya di belakang SMK 17 Agustus 1945 Cluring. 

Empat orang menjadi petugas pengibar bendera dengan berpakaian adat Banyuwangian lengkap dengan ikat kepala merah putih.Sedangkan Sugiharno Kasun Krajan bertugas sebagai Inspektur upacara dan Tony Eko Margiarto dengan memakai busana adat gandrung menjadi Komandan upacara. 

Dikonfirmasi MEMOPOS.com Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Ketua Pokmas Buang Nurhadi mengatakan upacara peringatan HUT ke-76 RI ini guna mengajak sekaligus mengingatkan kepada pihak pemerintah akan pentingnya nasib sawah dan para petani untuk kedepannya.

"Tujuan kita mengadakan acara 17-an di sawah itu untuk mengajak seluruh elemen baik pemerintah desa maupun pusat agar memperdulikan nasib sawah juga para petani karena mau bagaimana pun sekarang teknologi sudah semakin canggih," katanya saat ditemui di lokasi, Selasa (17/8/2021).

Lebih lanjut Buang menjelaskan,jangan sampai mengalihfungsikan persawahan untuk pembangunan perumahan karena dikhawatirkan nanti sawah ini akan menjadi cerita langka untuk generasi yang akan datang.

"Ceritanya ada sawah tetapi sawahnya tidak ada karena sudah dibangun menjadi sebuah bangunan besar atau megah," ucapnya.

Selain itu, kata dia, mayoritas masyarakat di Desa Cluring ini bekerja sebagai seorang petani maka perlu kiranya dukungan dari pemerintah untuk terus mengembangkan produksi beras lokal bahkan memperhatikan para petani.

"Disini kebanyakan petani ya, maka bila perlu harus dikembangkan dan diperdulikan oleh pemerintah pusat terutama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dibidang Pertanian dan melalui upacara inilah momen yang sangat mengharukan Pemerintah harus lebih peduli lagi terhadap nasip petani," ucapnya.

Sementara itu, Tony Komandan upacara mengaku bahwa merasa bangga dan sangat mengapresiasi atas acara yang telah dibuat oleh teman - teman pokmas Owah Pikir Djoyo Wiguno ini.

Dan ia pun berharap kedepannya dapat lebih kompak kembali dan acaranya lebih meriah kembali.

"Sangat mengapresiasi dan memang ditengah pandemi ini kita juga sangat terbatas dalam melakukan seluruh kegiatan dan seluruh rangkaian kegiatan pun sudah diterapkan dengan protokol kesehatan," ujarnya.

Ia pun berharap agar pandemi covid-19 segera berakhir dan masyarakat dapat beraktivitas kembali seperti biasanya.(Im)

Related

Headline 971591647590557856

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item