Pemberdayaan KWT Sri Kandi Dalam Pengolahan Aneka Tanaman Herbal Mendukung Terwujudnya Desa Sentra Herbal di Pace Silo Jember

MEMOPOS.com,Jember - Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Kandi dilakukan oleh Tim dosen dari Polije dan Unej melalui pengolahan aneka tanaman herbal seperti Jahe, Kapulaga, serei menjadi produk olahan seperti minuman ready to drink, sirup, sabun dan minyak aromatherapy. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahun kedua dari rangkaian kegiatan yang ada. Tim pelaksana kegiatan terdiri atas Iqbal Erdiansyah, SP., MP., dan Eliyatiningsih, SP.,M.Sc. dari Politenik Negeri Jember, serta Apt.Dwi Nurahmanto, S.Farm, M.Sc. dan Vega Kartika Sari, SP., M.Sc. dari Universitas Jember. 

Ketua Tim Pelaksana, Iqbal Erdiansyah menyatakan Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud pengabdian dosen kepada masyarakat dan mendukung potensi desa, kegiatan ini didanai oleh Kemendikbud Ristek Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) Tahun 2021. 

“Ibu-ibu KWT sangat antusias mengikuti pelatihan ini, terlebih produk yang dibuat bersama ini berkhasiat bagi kesehatan” papar Dwi Nurahmanto. 

Eliyatiningsih menambahkan, “Saat ini ditengah kondisi pandemi, minat masyarakat terhadap olahan herbal meningkat, hal tersebut menjadi peluang bagi Ibu-ibu KWT untuk dapat menambah pendapatan mereka”. 

“Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan dan menambah wawasan Ibu-ibu dalam memanfaatkan ecommerce”, imbuhnya.

Menurut Ketua KWT Sri Kandi, “Kegiatan semacam ini yang kami butuhkan dan nanti-nantikan, karena kami didampingi cara mengolah tanaman herbal yang ada di desa menjadi minuman, sabun mandi, dan minyak aromatherapy”.

M. Farohan selaku Kepala Desa Pace juga menyambut baik kegiatan ini. “Kegiatan yang dilakukan Bapak-Ibu 

Dosen Polije dan Unej selama 2 tahun ini sangat bermanfaat untuk kami dan kami mendukung sepenuhnya”.

Kegiatan yang telah berjalan dua tahun ini diawali dari perbaikan sistem budidaya aneka tanaman herbal sesuai GAP (Good Agriculture Practice) dan dilanjutkan dengan diversifikasi produk olahan herbal, untuk mewujudkan Desa Pace menjadi Sentra Herbal di Kabupaten Jember.


Penulis: 

Vega Kartika Sari

Fakultas Pertanian, Unej

Related

Opini 8191315029932606057

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item