Vaksinasi Covid - 19 Tahap Pertama Diterima 900 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Banyuwangi

 Warga Binaan Kelas IIA Banyuwangi Saat Di Vaksinasi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Sebanyak 900 warga binaan pemasyarakatan Lapas Banyuwangi mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Kamis (22/7/2021). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi penularan Covid-19 didalam Lapas.

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan melalui kerjasama antara Lapas Banyuwangi, Satgas Covid-19 Banyuwangi, Dinas Kesehatan dan Kodim 0825 Banyuwangi. Vaksin yang diberikan adalah jenis Sinovac.

“Beberapa waktu yang lalu kami memang telah mengirimkan surat kepada Dinas Kesehatan Banyuwangi perihal permohonan vaksin untuk warga binaan kami.Alhamdulillah direspon dengan cepat oleh Dinas Kesehatan yang juga bekerjasama dengan Satgas Covid-19 Banyuwangi dan Kodim 0825 Banyuwangi,” ujar Wahyu Indarto selaku Kalapas Banyuwangi.

Wahyu mengatakan dalam pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini sedikit terkendala karena beberapa warga binaan belum mengetahui NIK nya. Namun untuk menyiasati hal tersebut, Lapas Banyuwangi juga mendatangkan perwakilan dari Dispendukcapil untuk membantu percepatan pendataan maupun pelacakan NIK dari warga binaan. “Karena vaksinasi ini hanya dilakukan pada hari ini saja, kami datangkan pihak Dispendukcapil, agar seluruh warga binaan kami dapat menjalani vaksinasi,” tambahnya.

Tenaga vaksinator dalam kegiatan ini didatangkan dari beberapa Puskesmas di sekitar Lapas Banyuwangi yang sebelumnya telah diperintahkan oleh Dinas Kesehatan Banyuwangi. “Untuk vaksinnya, yaitu jenis Sinovac kami dapatkan dari Kodim 0825 Banyuwangi,” ucap Wahyu.

Dari sekitar 900-an warga binaan yang ditargetkan mendapatkan vaksinasi, terdapat sebagian yang harus ditunda. “Harapan kami seluruh warga binaan dapat menjalani vaksinasi, akan tetapi setelah dilakukan pengecekan kesehatan ada sebagian yang belum memenuhi syarat, sehingga terpaksa kami tunda dulu saampai kesehatannya membaik,” jelas Wahyu.

Wahyu menjelaskan bahwasanya kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat imun para warga binaan agar tidak mudah tertular Virus Covid-19, mengingat keadaan Lapas Banyuwangi yang sudah over kapasitas, sehingga sangat rentan terjadi penularan.

“Untuk saat ini, warga binaan kami tidak ada yang terpapar. Namun beberapa minggu yang lalu ada beberapa warga binaan kami yang sempat terpapar dan sekarang sudah dinyatakan sembuh. Dengan adanya vaksinasi ini mudah-mudahan tidak ada lagi warga binaan kami yang terpapar. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bersedia menyelenggarakan kegiatan vaksinasi kepada warga binaan kami,” pungkas Wahyu. (Im)

Related

Kesehatan 418643370868275775

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item