Reformasi Birokrasi Dalam Pelayanan Kartu Keluarga

Oleh :

Mochammad Saiful Adimas Rahman

192020100031

Administrasi Publik


Reformasi birokrasi merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh aparatur pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Upaya tersebut dapat berarti peningkatan kinerja pegawai, peningkatan pelayanan terbaik, pembaharuan kebijakan, serta profesionalisme pegawai. Seringkali ditemui bahwa pelaksanaan pelayanan publik belum dapat berjalan maksimal karena kurangnya prosedur dan standarisasi yang baik. Tujuan dari reformasi birokrasi ini adalah perubahan budaya dan pola pikir ke arah yang lebih baik lagi. 

Birokasi yang baik harus didukung oleh profil dan perilaku aparatur negara yang memiliki integritas, produktivitas, tanggung jawab, dan kesanggupan memberikan pelayanan prima.

Salah satu bentuk reformasi birokrasi yang terlaksana adalah dalam pelayanan pengurusan kartu keluarga bagi masyarakat. Keluhan masyarakat yang merasa kurang puas akan pelayanan yang diberikan menjadi bahan evaluasi dalam melaksanakan reformasi birokrasi. Prosedur pelayanan pengurusan kartu keluarga dinilai berbelit-belit oleh masyarakatsehingga seringkali terjadinya kesalahan komunikasi antara masyarakat dengan pegawai yang berwenang. Sehingga masyarakat beranggapan bahwa birokrasi belum dapat terlaksana dengan optimal dari segi kinerja, pelayanan, kualitas, dan kecepatan. Untuk itu, maka reformasi birokrasi difokuskan terhadap hal-hal berikut.

1. Sisi kelembagaan atau organisasi, dimana diharapkan struktur organisasi menjadi lebih dominan diisi oleh sumber daya manusia yang berkompeten.

2. Sisi ketatalaksanaan, dimana diharapkan pelaksanaan pelayanan publik menjadi lebih mudah, akurat, dan ringkas melalui inovasi pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan masyarakat dalam menggunakan layanan publik.

3. Aspek sumber daya manusia, diharapkan melakukan evaluasi kinerja pegawai 

untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) sehingga pelaksanaan pelayanan publik dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Related

Opini 8797682160789165996

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item