Masalah Ijen,API Minta DPRD Banyuwangi Panggil Bupati

Api (Aliansi Peduli Ijen ) Saat Berkumpul Bahas Ijen

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Menyikapi perkembangan Banmus DPRD Banyuwangi hari ini yang ditunda atau dijadwalkan ulang, Aliansi Peduli Ijen (API) menyatakan bahwa sangat menyayangkan sikap DPRD Banyuwangi yang terbelah.

Pernyataan API itu disampaikan oleh Danu Budiyono, Koordinoator ProDEM Banyuwangi yang juga Humas API saat menggelar pertemuan bersama anggota API di rumahnya, Jalan Coca-Cola, Cungkring, Banyuwangi.(21/7/2021).

Menurut Danu, saat ini memang kewenangan Kemendagri, Akan tetapi kewenangan Kemendagri itu dipicu dengan gegabahnya bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, ketika menandatangani subsegmen batas wilayah kawah Ijen itu.

“Dan pernyataan itu juga diakui oleh Ipuk selaku bupati dengan telah mencabut surat tersebut, dengan dicabutnya surat itu berarti bupati ipuk mengakui adanya kesalahan setelah beliau menandatanginya, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bukan hanya batas kawah Ijen saja, tetapi sifat kenegarawanannya bupati selaku kepala daerah, seolah-olah bupati amatiran dan sedang main-main,” ucap Danu.

Masih kata Danu, maka ini menyangkut masalah politik dan kebijakan DPRD yang punya hak untuk interpelasi, ini sudah keluar segmen kalau menunggu Kemendagri, bisa diartikan jika hanya alasan atau alibi eksekutif dan partai pengusung atau pendukungnya.

“Karena itu sudah keluar dari kontek, jadi hari ini kebijakannya sudah mengarah ke politik dan bukan lagi menunggu Kemendagri, ingat bupati selain kepala daerah juga kepala pemerintahan,” tegasnya.

“Kami sungguh sangat menyayangkan yang dilakukan bupati maupun langkah DPRD hari ini, bahkan surat yang kami kirim dua minggu lalu juga tak di gubris.

Maka besok kami bersama elemen lain akan berkirim surat lagi, dan setelah PPKM selesai, hari Senin kita akan turun ke jalan menanyakan ke DPRD maupun Bupati, saya sendiri nanti yang akan memimpin demo menuntut kejelasan terkait subsegmen batas kawah ijen itu.” pungkasnya.(Im)

Related

Pemerintahan 2016813945082468158

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item