Inovasi Program Layanan Rakyat Sertifikat Tanah (Larasita) Di Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek

Oleh :

Rosita Dwi Novianti

Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

LARASITA adalah inovasi yang dilaksanakan oleh Badan Pertanahan Nasional Republik indonesia untuk memenuhi harapan masyarakat. Dengan LARASITA pola pengelolaan pertanahan dikembangkan menjadi lebih aktif untuk memberikan jaminan keadilan bagi masyarakat dalam pengurusan pertanahan, memperluas cakupan wilayah pengurusan pertanahan, mempercepat proses pengurusan pertanahan dan menjamin pengurusan-pengurusan pertanahan tersebut tanpa perantara.

Keluhan masyarakat kepada pemerintah terhadap pelayanan publik yang selama ini dianggap kurang memuaskan dan perlu dibenahi. Keluhan terhadap pelayanan publik data dicontohkan dari pelayanan yang memakan waktu lama, tidak tepat waktu, kurangnya tanggungjawab petugas pelayanan, kurang transparan, masih banyak diskriminasi dalam proses pelayanan dan tidak jarang pelayanannya rumit dan terbelit-belit. Tuntutan dari masyarakat tidak lain yaitu pemerintah dituntut untuk bisa memperbaiki dan meningkatkan pelayanannya dengan baik agar timbul kembali kepercayaan masyarakat kepada pemerintah bahwa pemerintah dapat melayani masyarakat tanpa pamprih dan bersih. Dengan adanya keluhan dan tuntutan dari masyarakat, maka pemerintah melalui institusinya yaitu Badan Pertanahan Nasional membuat suat trobosan atau ide tentang kebijakan inovatif pada pelayanan pertanahan yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan di kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Salah satu daerah yang melaksanakan kebijakan inovatif ini adalah Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek. Kebijakan inovatif yang dihasilkan ini dikenal dengan Layanan Rakyat Sertifikat Tanah (LARASITA). LARASITA ini hadir untuk meningkatkan pelayanan dibidang pertanahan dan sebagai solusi dari masyarakat dalam mempermudah mengurus sertifikat tanah masyarakat dengan cepat, mudah, transparan, akuntabel serta menghindarkan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab (calo). 

Inovasi program yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek pada pelayanan sertifikat tanah melalui LARASITA yaitu inovasi metode pelayanan. Tujuan dalam pelaksanaan inovasi sektor publik sesungguhnya yaitu adanya tuntutan akuntabilitas, transparansi dan perbaikan dalam hal pelayanannya kepada masyarakat. Sehingga dalam sektor publik seharusnya dapat bekerja lebih efektif, efisien, dan ekonomis. Dengan ini diharapkan agar kedepannya sebuah inovasi menjadi hal yang penting dilakukan bagi setiap instansi pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan, perbaikan perekonomian serta peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat

Kantor Pertanahan memberikan pelayanannya secara langsung yang dikenal dengan Layanan Jemput Bola. Layanan Jemput Bola adalah layanan kantor bergerak yang dilakukan Kantor Pertanahan dalam memberikan pelayanan secara tepat dilapangan sama sepeti hal nya di Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus proses sertifikasi tanah dan untuk menyentuh daerah daerahyang tidak terjangkau dari Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek dimana sebagian besar keberadaan masyarakatnya jauh dari perkotaan.

Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPN-RI) dalam meningkatkan pelayanan sertifikat tanah melalui program LARASITA dihapakan mampu mendongkrak dan memperbaiki citra Kantor pertanahan dalam memberikan pelayanannya di bidang pertanahan tersebut dan dari bidang pelayanannya yaitu layanan dilakukan dengan sistem jemput bola yang dilakukan oleh pihak Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek kepada masyarakat dengan kondisi geografis atau tempat tinggal yang jauh dari pusat kota.

Related

Opini 7302390885477350928

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item