Inovasi Kebijakan Layanan Pertanahan: Layanan Rakyat Sertifikat Tanah (LARASITA

Oleh : 

Mochammad Saiful Adimas Rahman

192020100031

Administrasi Publik

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Pelayanan publik merupakan segenap kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah baik di pusat ataupun di daerah guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Pelayanan publik dapat berarti banyak aspek, salah satunya dalam bidang administrasi pertanahan. Kantor Pertanahan atau BPN (badan pertanahan nasional) merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang berperan dalam layanan di bidang pertanahan. Peraturan mengenai BPN tertuang dalam 

Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2015. Memberikan pelayanan publik yang terbaik merupakan salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat untuk mendapatkan kepercayaan publik. Inovasi tersebut bertujuan untuk memudahkan urusan masyarakat dengan tetap mengedepankan pengerjaan yang efisien, efektif, dan ekonomis. Inovasi itu sendiri didefinisikan sebagai kegiatan penelitian, pengembangan atau rekayasa yang bertujuan untuk mengembangkan aplikasi praktis dari nilai dan konteks pengetahuan dan teknologi baru yang ada dalam suatu produk atau proses produksi. Inovasi di sektor publik terbagi menjadi lima kategori: inovasi produk atau layanan, inovasi proses layanan, inovasi mode layanan, inovasi kebijakan, dan inovasi sistem.

Salah satunya dengan mengadakan inovasi untuk menciptakan terobosan baru. Salah satu inovasi dalam bidang pertanahan di Indonesia adalah Inovasi Program Layanan Pertanahan atau yang biasa disingkat Larasita. Larasita hadir untuk menghindari pihak (perantara) yang tidak bertanggung jawab sebagai solusi masyarakat untuk meningkatkan pelayanan di bidang pertanahan dan mempermudah pengurusan sertifikat tanah masyarakat secara cepat, mudah, transparan dan bertanggung jawab.

Larasita merupakan satu inovasi untuk mendukung peningkatan layanan publik kepada masyarakat dalam urusan mengurus bidang pertanahan. Hadirnya Larasita ini membuat masyarakat tidak perlu datang secara langsung ke kantor pertanahan setempat. Pegawai kantorpertanahan lah yang akan datang untuk membantu masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu repot untuk pulang-pergi ke kantor pertanahan untuk mengurus sertifikat tanah. Dengan hadirnya Larasita ini memungkinkan masyarakat untuk mendapat kemudahan daripada sebelumnya. Larasita hadir atas evaluasi yang telah dilakukan dengan meninjau beberapa problematika yang terjadi di lapangan. Larasita tentu sangat membantu sebagian besar masyarakat yang tidak bisa datang langsung ke kantor pertanahan karena adanya hambatan yang memungkinkan. Misalnya akses ke kantor pertanahan yang jauh dan memakan banyak biaya, kesulitan transportasi, ataupun kesulitan secara fisik. Inovasi kebijakan ini juga membuka interaksi antara masyarakat dengan aparatur sipil yang berwenang sehingga dapat meningkatkan keharmonisan antar keduanya. Suatu program kebijakan tidak akan berjalan baik bila hanya berjalan secara satu arah, sehingga hadirnya program ini dapat memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak.

Related

Opini 7745967414956475178

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item