Penziarah Walisongo Banyuwangi Satu Warga Meninggal Dunia

Rumah Warga Yang Kena Covid 19 Di Jaga Ketat

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Klaster ziarah di Desa/Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi bertambah menjadi 48 orang. Klaster ziarah tersebut juga merenggut 1 nyawa yakni ketua rombongan ziarah.

Ketua rombongan tersebut mempunyai komorbid penyakit jantung. Sementara klaster ziarah Walisongo di Desa Karangbendo memberlakukan lockdown lokal.

"Iya benar. Ada satu pasien dari klaster ziarah walisongo ini yang meninggal dunia. Meninggal pada hari Miinggu,(27/6/2021) kemarin. Beliau tokoh agama," ungkap Camat Blimbingsari Abdul Latif membenarkan saat dikonfirmasi wartawan, Senin (28/6/2021).

Latif mengatakan pasien sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Namun, kondisinya memburuk hingga akhirnya nyawanya tak tertolong. "Pasien memiliki komorbid penyakit jantung," kata Latif.

Lebih lanjut Latif menerangkan, sudah ada 48 warganya yang positif COVID-19 dari klaster ziarah makam Walisongo. Menurutnya, dalam beberapa hari terakhir sudah tidak ada temuan kasus baru dari klaster tersebut.

"29 yang positif merupakan jemaah yang ikut ziarah. Sedangkan 19 orang merupakan kontak erat setelah mereka pulang," sebutnya.

Sementara itu, antisipasi menyebarnya klaster baru, pemerintah Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi melakukan penyekatan serta mendirikan posko bersama babinsa dan bhabinkamtibmas.

Pendirian posko dan penyekatan itu dilakukan di Dusun Pancoran dan Dusun Karanganyar. Mengingat dua dusun tersebut terdapat warga yang terpapar COVID-19 akibat ikut tur ziarah Walisongo.

"Warga kami ini ikut tur ziarah Wali Songo tanpa ada pemberitahuan lebih dulu ke pemerintah Desa RT/RW. Meski tidak harus laporan, tapi setidaknya dalam kondisi seperti ini ada pemberitahuan ke desa. Sehingga kami ini mudah jika ada sesuatu," ungkap Kepala Desa Karangbendo, Budiharto.

Total sekitar 19 orang di lingkungan klaster ziarah masih menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan petugas. Untuk meminimalkan mobilisasi warga, telah dilakukan penyekatan. Semua Kepala Dusun diminta mengumpulkan para Ketua RT guna membahas langkah-langkah dalam rangka pencegahan COVID-19 di Desa Karangbendo agar tidak semakin meluas.(Im)

Related

Headline 7234237200886657909

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item