Kronologi Klaster Hajatan di Banyuwangi, Dari 1 Warga Yang Sakit, 36 Orang Positif Covid-19

Ilustrasi Covid - 19

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Akhir Mei 2021, muncul klaster hajat di Desa Wringinpitu, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi.Hingga Rabu (16/6/2021), ada 36 warga yang positif Covid-19. Enam orang dinyatakan sembuh, empat orang dirawat di rumah sakit, dan satu orang meninggal dunia. Sisanya melakukan isolasi mandiri.

Kasus tersebut berawal saat hajatan warga di Desa Wringinpitu. Salah satu warga sakit dan saat diperiksa, ia dinyatakan positif Covid-19.

Karena warga tersebut diketahui hadir di acara hajatan, maka Dinas Kesehatan memperluas tracing. Per 14 Juni ada 25 warga yang positif Covi-19 dan jumlahnya bertambah hingga 36 orang.Total ada 186 warga yang mengikuti tes swab.

"Jadi kasus pertama habis menghadiri hajatan, ketika tracing menyasar kontak eratnya ternyata yang positif ada di hujatan itu," Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono saat dihubungi, Senin (14/6/2021).

Widji mengakui jika sebulan terakhir, banyak hajatan yang digelar di wilayah Banyuwangi. Acara tersebut berpotensi menimbulkan kerumunan dan Covid-19 akan menyebar jika warga tak memakai masker dengan benar.

"Ini bukti dan memang benar penyebaran terjadi saat ada kerumunan. Ketika buka masker berpotensi terjadi penuluran," kata dia.

Pengajian dan yasinan diliburkan Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Satgas memberlakukan pembatasan kegiatan atau lockdown lokal.

Selain itu selama penanganan kasus ini, warga diminta tidak menyelenggarakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan seperti hajatan, pengajian, hingga yasinan.

"Pembatasan ketat kegiatan masyarakat yang bepotensi kerumunan, pengajian, yasinan diliburkan di lingkungan tesebut," kata Widji, Rabu (16/6/2021).

Untuk membatasi aktivitas warga, personel TNI-Polri dilibatkan menjaga 24 jam.

"Keluarga yang positif semuanya satu rumah diberikan makanan 3 kali sehari," kata dia.(Im)

Related

Headline 5837719103666262406

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item