Cak Ing Seniman Segudang Karya Yang Terlupakan

Yatimi Alami Atau Cak Ing Saat Bersama Anak Asuhnya

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Banyak seniman maupun tokoh tari dan gamelan yang dilahirkan dari Desa Cluring, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi Jatim. Atas karya - karyanya para seniman Desa Cluring cukup dikenal tidak ditingkat hanya Nasional saja bahkan sampai ke manca negara. 

Namun demikian,dibalik itu semua Desa Cluring juga melahirkan tokoh besar seniman berbakat sekaligus seorang maestro yaitu Yatimi Alami (45) biasa dipanggil Cak Ing. Dalam seni tabuh kendang keplaknya atau memainkan musik tradisional sangat piawai dan memukau setiap orang saat melihatnya. 

Yang sangat disayangkan ketokohan Cak Ing tersebut seperti terlupakan. Padahal Cak Ing, salah seorang seniman besar yang banyak berperan memperkenalkan seni gamelan dan tabuh khas Banyuwangian sampai ke manca negara saat masih duduk dibangku SDN, SLTP dan SLTA. 

Hal  tersebut terungkap saat Cak Ing didatangi Media ini dipadepokannya yang diberi nama Jelaring (Jenggirat Seniman Cluring) ,sambil ngobrol dan nyruput kopi banyak hal yang dipertanyakan oleh sang jurnalis tentang musik tradisional.Sebagai seniman besar dan hebat, Cak Ing selama menjadi musisi kendang dengan segudang predikat penghargaan dan piala sejak SDN yang sekarang aktif sebagai pengajar kendang terhadap puluhan murid yang telah digembleng berada di rumahnya.Terus dan terus berenofasi dalam karya wajib dilakukan sebagai seorang seniman dan juga terus mencari karya terbaru serta bagaimana cara mendedikasikan seni di Cluring agar hidup,” ujar Cak Ing. 

Sebagai seorang seniman sejati katanya,sangat bangga bila ilmunya ditularkan kepada anak didik. Untuk itu, sekarang Cak Ing benar - benar fokus menggembleng muritnya agar menjadi seniman yang bisa membawa bumi Blambangan sampai mendunia,"paparnya. 

Desa Cluring sebenarnya sebuah aset besar perihal seni tradisional dan sejuta karya tari. Hal ini sudah sangat terbukti banyak karya para leluhur bahkan kami sebagai pengemban penerusnya sampai sekarang terus berkarya tanpa berhenti. Dan disinggung masalah perhatian dan bantuan dari pemerintah dirinnya enggan berbicara, "jlentrehnya. 

Kami bersama Jelaring bertekat agar kesenian tradisional yang dimiliki Banyuwangi jangan sampai punah tambah Cak Ing,kami bersama kawan - kawan yang tergabung Jelaring tidak lain nguri - nguri budaya, merawat, dan berkarya. Adapun pemerintah baik memperhatikan maupun tidak intinnya kami tetap berkarya,"cetusnya. 

Untuk itu melalui berita ini, saya sampaikan agar pemerintah memperhatikan karya - karya kami dan juga memperhatikan nasib para seniman yang ada di Desa Cluring yang kami tahu dari dulu hingga sekarang belum pernah mendapatkan perhatian. Memang sempat terdengar seringnya mendapat bantuan tapi faktannya sampai sekarang belum pernah sama sekali andai saja mendapat bantuan dari pemerintah mungkin salah sasaran, " pungkasnya. (Im)

Related

Sosial Budaya 9040701840295003094

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item