Anggota Komisi IX DPR RI Di Dampingi Ketua DPRD Blora Gandeng BPOM Berikan Edukasi Registrasi Pengolahan Pangan

Anggota KomisiIX DPR RI Didampingi Ketua DPRD Blora

MEMOPOS.com,Blora - Dalam kegiatanya dari Anggota Komisi IX DPR RI Dr.H Edy Wuryanto,SKp,MKep, sangat mengapresiasi langkah Badan Pengawas Obat dan Makanan(BPOM)yang terus aktif dalam memberikan edukasi masyarakat mengenai pentingnya regsistrasi pangan olahan yang layak dikosumsi.

Menurut Edy Wuryanto, BPOM harus terus jemput bola dalam melakukan sosialisasi pendaftaran izin edar pangan olahan, serta kewajiban labelisasi makanan sesuai peraturan.

“Hal ini demi menjaga rasa aman bagi masyarakat dalam mengonsumsi pangan olahan yang beredar di pasaran,” kata Edy Wuryanto saat kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi bersama mitra BPOM Direktorat Registrasi Pangan Olahan, di Desa Blungun Kec.Jepon Kabupaten Blora, Minggu(06 /06/2021).

Adapun demikian bagi pengusaha maupun pelaku UMKM merupakan tanggung jawab moral dalam melakukan proses produksi dan penjualan yang aman konsumsi bagi masyarakat. Menurut anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Kabupaten Blora, Gobogan,Pati,Rembang,  keamanan pangan terkait dengan penyakit yang diakibatkan kesalahan pengolahan maupun proses lainnya. Keamanan pangan mengacu pada PP No. 86 tahun 2019. Sedangkan dasar hukumnya UU No.18 Tahun 2012.

“Keamanan pangan merupakan salah satu faktor penting dalam penyelenggaraan sistem pangan. Penyelenggaraan keamanan pangan bertujuan agar negara dapat memberikan perlindungan kepada rakyat untuk mengonsumsi pangan yang aman bagi kesehatan dan keselamatan jiwanya,” jelas Edy Wuryanto.

Untuk menjamin pangan yang tersedia aman  dikonsumsi, lanjut Edy, maka penyelenggaraan keamanan pangan harus diterapkan di sepanjang rantai pangan. Mulai dari tahap produksi (budi daya), pemanenan, pengolahan, penyimpanan, distribusi, peredaran, hingga sampai di tangan konsumen. Kegiatan atau proses produksi untuk menghasilkan pangan yang aman dikonsumsi di sepanjang rantai pangan dilakukan melalui penerapan persyaratan keamanan pangan.

“Langkah preventif sangat penting dilakukan oleh lembaga BPOM sebagai lembaga yang credible dalam menjaga mutu pangan dibandingkan dengan langkah penindakan,” tandas politikus PDIP ini.

Ia berharap dengan terus dilakukan kegiatan KIE ini semakin minim perusahaan yang menjadi obyek penindakan hasil dari temuan BPOM. Perusahaan juga jangan segan ketika akan mendaftarkan produknya untuk mendapatkan izin edar atau registrasi ke pihak BPOM maupun lembaga lainnya.

“Hal ini akan ini dirasakan perusahaan manfaatnya oleh pengusaha atau perusahan dalam jangka panjang, karena mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat,” kata Edy di hadapan 50 peserta yang hadir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menurutnya Komisi IX DPR RI juga akan terus mendorong terus produksi maupun mengokohkan undang-undang terkait keamanan pangan, salah satunya mempertahankan eksisitensi sertifikasi halal pada UU Cipta Kerja beberapa waktu yang lalu.

Balai Besar BPOM, Dra. Sandra M.P Linthin, Apt.,M.Kes menyampaikan lima kunci keamanan pangan, urgensi kemasan, label , izin edar dan kontrol kadaluarsa.

Sementara Ketua DPRD Blora HM.Dasum SE,MM menyampaikan,terima kasih kepada Anggota DPR RI Komisi IX Edy Wu ryanto yang sudah mencurahkan tenaga pikiran untuk masyarakat Blora,dan saya berharap dari sosialisasi ini warga masyarakat yang hadir bisa menyampaikan kepada sanak saudara dan tetangganya. Dasum

 berpesan agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dengan prokes  demi menjaga kesehatan bersama,apalagi adanya penyebaran covid-19 masyarakat harus waspada yang sepelekan,  Corona ini benar-benar ada, yang terpenting kesehatanya tetap di jaga  pungkasnya.


(ardy)

Related

Pemerintahan 2536235243637785699

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item