ZS Bos Investasi Bodong Warga Lateng Ditetapkan Jadi Tersangka Tunggal

ZS warga Lateng Baju Orange Saat Press Rilis di Mapolresta Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Warga di lingkungan Kanalan, Kelurahan Lateng, Banyuwangi Jatim merasa lega setelah ZS sebagai pelaku tunggal investasi abal-abal ditetapkan menjadi tersangka oleh Polresta Banyuwangi. 

Sebelumnya Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin membenarkan adanya tindak pidana atas laporan penipuan dan penggelapan dengan modus investasi sebanyak 25 orang menjadi korban tipu muslihat.

Kini, bos investasi bodong warga Lingkungan Lateng Banyuwangi, Jawa Timur secara resmi ditetapkan menjadi tersangka. Dengan total kerugian para korban ditaksir mencapai Rp. 1 Miliar.

“Kami menetapkan ZS sebagai tersangka, tunggal,” kata Arman Asmara Syarifudin, Kapolresta Banyuwangi saat pers rilis di Mapolresta Banyuwangi, Selasa (4/5/2021).

ZS melakukan kegiatan tipu muslihat terhadap warga yang masih sekampungnya dengan cara diajak investasi sudah berjalan sejak November 2020, hingga Maret 2021. Namun, dirasa ada keganjalan, salah satu anggota investasi tersebut melaporankannya ke Polisi,"ungkap Kombes Arman. 

Dilanjutkan dengan pendalaman oleh penyidik kami, ternyata menemukan beberapa bukti keganjilan tentang investasi itu,” cetus Kapolresta.

Pelaku ZS (26) asal Kelurahan Lateng, Banyuwangi ini, telah melaksanakan maping, mengkonsolidasikan sebanyak 260 orang dan dikelompokan kemudian dimasukan di dalam grup Whatsapp.

Setiap masing-masing group investasi itu, diberikan janji-janji berbeda, mulai dari hari, dan lain-lain.Modus investasi mulai dari Rp 100 ribu, dan dijanjikan Rp. 150 ribu. Jadi ada keuntungan 50 persen. Sedangkan korban investasi dengan nilai-nilai yang berfariasi dan berbeda beda,” tambahnya.

Penyidik Polresta Banyuwangi berhasil mengamankan barang bukti sekaligus menyita buku tabungan, uang Rp. 45 juta, serta berbagai rekening koran, mulai bulan November-Maret. Ada pula, buku rekap catatan, HP yang digunakan tipu gelap dalam perkara ini.

ZS pun sudah menyadari atas kesalahan yang diperbuat, total transaksi kerugian 35 orang, tetapi ada 1 pelapor lagi dengan kerugian 1 Miliar,” tegas Arman.

Arman menegaskan, perkara ini akan terus dikembangkan. Saat ini baru Z yang ditetapkan tersangka. Ada kemungkinan akan ada pelaku lain yang statusnya sama seperti Z. Bahkan, Polresta Banyuwangi membuka posko pengaduan, barangkali ada korban lainnya.

“Mari yang merasa ada yang tidak sesuai adanya dugaan tipu gelap bisa melakukan pengaduan di SPKT,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, kini pelaku terjerat pasal 378 dan 372 tentang penipuan dan penggelapan. Dengan ancaman hukuman lima tahun. (Im)

Related

Hukum Kriminal 6240019412387401662

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item