Tiga Maskapai Sudah Beroperasi Di Bandara Blimbingsari Banyuwangi

Bandara Blimbingsari Banyuwangi

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Setelah beberapa hari berhenti beroperasi karena kebijakan penyekatan mudik lebaran tahun 2021, Bandara Banyuwangi kini kembali melayani penerbangan.

Tiga Maskapai di Bandara Banyuwangi Berhenti Beroperasi Selama Larangan Mudik

Bandara Banyuwangi Lakukan Pembersihan Sisa Abu Vulkanik Gunung Raung

Hindari Risiko Erupsi Gunung Raung, 7 Penerbangan di Banyuwangi Dibatalkan

Bandara Banyuwangi Ditutup Sementara Akibat Abu Vulkanik Gunung Raung.

Tiga maskapai Citilink, Garuda Indonesia dan Wings Air sudah bisa melayani rute penerbangan dari Banyuwangi-Jakarta, Banyuwangi-Surabaya, serta Banyuwangi-Denpasar maupun sebaliknya. 

"Kita sudah mulai operasi pelayanan penebangan sejak Selasa kemarin. Hal ini seiring dengan beroperasinya 3 maskapai yang kemarin sempat tidak melayani penerbangan di penyekatan pemudik," kata Eksekutif General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandara Banyuwangi, Cin Asmoro pada Jumat (21/5/2021). 

Sejak Selasa (18/5/2021) lalu, jumlah penumpang di Bandara Banyuwangi terbilang meningkatkan tajam. Tak hanya penumpang yang akan terbang ke luar kota Banyuwangi saja. Penumpang dari luar kota juga banyak berdatangan ke Banyuwangi melalui Bandara Banyuwangi di Kecamatan Blimbingsari ini.

“Sejak pertama kali dibuka hingga siang hari tercatat ada 100 lebih orang yang datang maupun pergi melalui Bandara Banyuwangi. Ini bisa bertambah menunggu rekap penumpang hingga Rabu sore,” kata Cin Asmoro. 

Meski sudah kembali melayani penerbangan, Bandara Banyuwangi tetap mewajibkan keterangan bebas Covid-19 sebagai syarat penerbangan. Tentunya hal ini menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh seluruh calon penumpang.

Bandara Banyuwangi per awal Mei lalu juga telah menyediakan dua bilik fasilitas layanan GeNose. Dengan fasilitas ini, calon penumpang bisa leluasa memilih syarat kesehatan untuk perjalanan mereka menggunakan GeNose atau PCR, swab dan rapid tes antigen. 

Untuk tarif, sama dengan pemeriksaan GeNose C19 di Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi. Yakni hanya sebesar Rp 40 ribu dengan kuota 200 layanan setiap harinya.

Untuk memaksimalkan pemeriksaan calon penumpang, pihak bandara juga melibatkan tim Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, pihak kepolisian maupun petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang bertugas di kawasan Bandara Banyuwangi.

Karena terpantau mulai ramai, pihak Bandara mengimbau kepada seluruh calon penumpang agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama di Terminal Bandara untuk saling menjaga jarak dan memakai masker. 

“Mereka yang melayani antigen harus divalidasi oleh Dinkes. Hasil rapid tes antigen faskes yang sudah tervalidasi inilah yang bisa digunakan untuk persyaratan penerbangan. PCR, swab antigen atau GeNose, penumpang bebas memilih yang mana," kata EGM PT Angkasa Pura II Bandara Banyuwangi tersebut. (Im)

Related

Headline 6197119827765650036

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item