Bangunkan Saur Warga Gunakan Sound Sistem TNI – Polri Giat Berjaga Dan Merasia

TNI Dan Polri Selalu Siaga Dan Siap Merazia Sound Sistem Yang Dipergunakan Bangunkan Warga  Sahur 

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Gabungan TNI dan Polri berpatroli keliling kampung hingga waktu menjelang insyak atau sholat subuh. Petugas gabungan tersebut berkeliling kampung, mereka merasia sekelompok warga yang melaksanakan patrol saur menggunakan Soudsistem yang cukup keras. 

Musik patrol yang bertujuan membangunkan warga untuk segara menjalankan ibadah saur dibulan romadhon saat ini kebanyakan meresahkan. Dulu di Banyuwangi patrol saur sangat ditunggu warga, sebab mereka menggunakan alat musik tradional sperti alat musik gandrung, ada juga terbang, angklung serta alat musik lain.

Selain enak didengar biasanya mereka melantunkan lagu-lagu daerah, juga suwaranya tidak terlalu keras karena mereka tidak menggunakan alat pengeras suwara dan tidak membawa soundsistem.

Kini tradisi itu hampir lenyab karena modernisasi, patrol musik yang ada sekarang jika membangunkan orang agar segera beribadah Saur, mereka menggunakan alat pengeras suwara berupa soundsistem yang ukuran power volumenya sangat keras mirip konser musik Rock.

Giat gabungan Forpimka bersama TNI – Polri dilaksanakan di wilayah kecamatan Bangorejo. Mereka berkeliling dan berjaga ditiap – tiap perempatan jalan raya maupun jalan kampung, sengaja menjaga kelompok warga patrol berkeliling dengan membawa soundsistem.

Biasanya warga yang patrol menggunakan soundsistem dengan power full itu menggunakan kendaraan berupa mobil truk untuk mengangkut soundsistem dan genset juga peralatan pendukung lain.

Dua minggu sebelumnya kegiatan patrol saur di kecamatan Blimbingsari sempat dihadang dan dibubarkan Polisi. Kegiatan musik patrol saur itu oleh kelompok mereka diberi nama Saur on the road, aktivitasnya sangat meresahkan warga.

Gimana tidak, pada saat itu puluhan mobil truk semuanya membawa soundsistem builup power full yang suwaranya mampu menggetarkan seisi kaca rumah. Tidak hanya benda berupa kaca yang getar, anak kecil dan manula pada saat itu banyak yang nangis dan sesak nafas.

Selain berkeliling menggunakan truk bersoundsistem pada saat itu ratusan pemuda bermotor ikut berkeliling, dalam pantauan polisi kala itu pemuda yang ikut pawai kebanyakan menggunakan alkohol banyak yang mabuk, hingga membuat keonaran dikampung orang.

Kini Polisi enggan pristiwa itu terulang dikecamatan lain, seperti dikecamatan Bangorejo saat ini oprasi gabungan TNI – Polri terus digalakan, walau tidak setiap hari rasia soundsistem power full terus diupayakan ada dalam satu minggu.

Kapolsek Bangorejo AKP Mujiono mengatakan setiap malam Minggu petugas TNI – Polri dibantu masyarakat Tetap melaksanakan kegiatan pam atau berjaga di prapatan bangorejo dan Prapatan Kedungrejo Desa Sambimulyo untuk mengantisipasi adanya patrol saur menggunakan soundsistem power full.

“Kegiatan ini Tetap antisipasi aja  Biar  wilayah kecamatan Bangorejo tetap kondusif dan aman terkendali.” Tegasnya.

“Meskipun situasi wilayah kecamatan Bangorejo sudah tenang dan tidak ada iringan patrol saur dengan menggunakan soundsistem power full namun kita tidak mau lengah.” Tambahnya.

Mujiono juga berharap,” giat ini kita akan lakukan dan tingkatkan agar masyarakat bisa beristirahat dengan tenang dan lingkungan tetap nyaman.” Lontarnya kepada wartawan.

Jika masyarakat memaklumi terutama pengusaha soundsistem tidak menyewakan atau mereka sendiri yang melakukan patrol saur dengan menggunakan pengeras suwara yang memang tidak selakyanya, maka kampung akan nyaman dan kondusif. (Im)

Related

Headline 2577780096103662830

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item