Nasib Para Seniman Banyuwangi Menghadapi Masa Pandemi

Maling ( Mamat Suling Saat di Studio Rekaman)

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Pandemi Covid-19 telah mengubah segalannya dan mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk pelaku seni. Lalu bagaimana masa depan seni setelah pandemi, khususnya seni pertunjukan yang membutuhkan interaksi langsung dari para penggemar dan penonton?

Belum lagi beban hidup kian semakin berat setiap hari yang wajib dihadapi karena himpitan ekonomi.Masa depan seni pascapandemi semakin terpuruk, sebab banyak pelaku seni yang melakukan pindah haluan berdagang, bertani dan bekerja lainnya justru malah bertambah gagal.

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia telah membuat berbagai perubahan dalam kehidupan, salah satunya adalah bidang kesenian.

Hal tersebut diakui seorang pemain seruling musik kendang kempul Maling (Mamat suling) seniman asli Banyuwangi laros asal Desa Benculuk, Kecamatan Cluring ini. 

Dia menuturkan, saat manggung, hatinnya selalu was-was bukan karena takut Covit - 19  justru takut sama petugas Satgas yakni aparat untuk membubarkan aksi pertunjukan manggungnya.Kami sangat - sangat menghormati petugas dan pemerintah, tapi mbok ya jangan tebang pilih dan pemerintah jangan asal membubarkan namun harus bisa mencarikan dikirimnya tentang nasip seniman, "keluh Maling kepada MEMOPOS.com Selasa, (25/5/2021). 

Maling juga mengatakan, pandemi membuat jadwal manggungnya terganggu. Meski demikian, pria berdarah Osing ini berharap sangat agar pemerintah benar - memikirkan nasip seniman jangan cuma bisa membubarkan kami,akan tetapi juga harus bisa mencarikan solosinya agar pelaku seni tidak kelaparan, "cetusnya. 

Sekali lagi saya bersama pelaku seni di bumi gandrung ini memohon welas asihnya ibu bupati Ipuk agar memberikan sumbangsih pemikiran,terlebih secepatnya menanggung beban hidup seperti halnya biaya menyekolahkan anak, tuntutan hidup sehari - hari, dan menghadapi keterpurukan ekonomi,"pungkasnya.( Im)

Related

Hiburan 3703347371111014806

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item