Menjelang Peringati Hari Lahirnya Pancasila, Ketum GJL.Berkunjung Di Padepokan Pendopo Samin Sikep Klopoduwur

Tokoh Adat Samin Sikep Bersama Ketua Gerakan Lurus

MEMOPOS.com,Blora - Minggu (16/5/21). Menjelang Peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tanggal 1 Juni 2021..Bersama Ketua Gerakan Jalan Lurus  ( GJL )..Riyanta MB SH.Dalam kedatanganya bersilahturahmi  Ke Tokoh Adat SAMIN SIKEP Mbah Lasiyo.Yanga Merupakan Ahli Waris  Tokoh tinggalan Samin Mbah Eenkrek. Dipadepokan Pendopo Sedulur Samin Sikep terletak Dukuh Karang Pace ..Desa Klopoduwur . Kecamatan. Banjarejo .Kab.Blora.Provinsi Jateng.

Dimana Bp. Presiden RI yang pertama Soekarno. dan Bp Presiden Jokowi.. juga Pernah  Berkunjung  Secara Resmi. DI Sini, Termasuk  Bp.Ganjar Pranowo sudah beberapa kali.

Mengapa,dari Ketua GJL..Berkunjung  ke Tokoh Samin Sikep Klopoduwur, dikarenakan Tokoh Samin Mbah Eengkrek merupakan sesepuh Spiritualis Jawa.Alm Beliaunya sesepuh yang Seferhana..Jujur...dan beranj menentang Belanda waktu itu..Dengan gigihnya melalui  laku  Batin...Dan bisa menyatukan masyarakat waktu itu..Yang sekarang dikenal di seluruh Nusantara dengan merajutnya.  Sampai saat ini  dengan sebutan  Sedulur  Sikep..Berbeda  Dengan Samin Surosentiko yang melakukam perlawanan kepada  Belanda secara langsung..Dan dengan cara tidak mau  membayar  pajak..

Dengan Ketokohan Beliau, warga Samin Sikep yang bisa menyatukam Sedulur Samin Sikep. Yang tersebar  mulai di wilayah  Kab Kudus..Kecamatan Undaan Desa .Kalioso.Desa. Baturejo.Kecamatan Sukolilo Kab.Pati..

Kemudian kalsu di wilayah Blora  DiPasar Sore..Ploso Kendiren..Temengeng Sambong Cepu Blora. Juga ada di Kab Ngawi..Kab Bojonegoro..Kan Tuban..Dengan komunitas   ajaran Sedulur Samin Sikep intinya mengajarkan Laku Jujur .Ora drengki..Ora  Panasten..Ora Srei..Ora gelem  Colong jupuk gone liyan ...Taat marang Pangeran Gusti Allah SWT Kang Paring Urip...

Dalam sejarah itu semua sejalan dengan Subtansi Kandungan di dalam Pancasila..Seperti sila Pertama  sampai dengan Ke Lima.

Menurut Bung Karno Karno waktu itu intinya Gotong royong ...Holobis kuntul  Baris...atau disebut Gugur Gunung.

Maka untuk  merajut kembali wawasan Kebangsaan NKRI...Yang Sudah disatukan didalam Semboyan   BHINEKA TUNGGAL IKHA...Saat ini dirasa perlu untuk dirajut kembali ..Dalam Rangka untuk melaksanakan tujuan  Berbangsa dan Bernegara sesuai pembukaan UUD 45 yaitu;

Melindungi Segenap Bangsa Di Indonesia dan segenap Tumpah Darah Indonesia.

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. 

Membangun Kesejahteraan Umum ikut serta menjaga Ketertiban Dunia.Besarkam Pancasila.

Gerakan Jalan Lurus(GJL)bersama Ketum Riyanta MB.SH. Berkomitmen untuk melestarikan Warisan Budaya Sedulur Samin Sikep..Dam  Memohon krpada  TUHAN YME/ ALLAH SWT dengan mrnyambut  Lahirnya Kesaktian Pancasila.Bersama Gerakan Masyarakan menuju  RATU ADIL...RATU ADIL itu maknanya adalah:

Ratu...Itu Peraturan yang mrmimpin Negara ini berupa UUD 1945.Dan Peraturan Perundang undangan  yang Sah menurut Hukum Negara.

Kemudian dengan kata.Adil..Maknanya adalah: ..Peraturam yang dilaksanakam secara adil dan tidak diskriminasi.Tidak pilih kasih.Tidak Bang Sindhe.Bang Siladhan.Tidak Tajam ke bawah tapi tumpul ke atas atau dengan bahasa menjadikan Hukum menjadi Panglima.Hukum sebagai pemimpin.Sabdo Pandito Ratu Tan Keno Wola Wali.

Sabdane Ratu itu apa yang tertulis di dalam Undang Undang,Ojo Esuk  Dele ,Sore Tempe. Hukum iya Hukum harus di tegakkan.Ketum Gjl.pungkasnya.


(ardy)

Related

Headline 3382097543177331199

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item