Koramil Kalibaru Gotong - Royong Dan Bantu Material Bangun Rumah Roboh Korban Gempa Blitar

Prajurit TNI Saat Evakuasi Korban Gempa Blitar Di Kalibaru

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap masyarakat, personel TNI diterjunkan langsung untuk membantu evakuasi sebuah rumah warga Kalibaru Kabupaten Banyuwangi yang ambruk terdampak gempa Blitar yang berkekuatan 6,2.

Selain membantu membangun ulang dapur yang roboh, TNI juga memberikan bantuan berupa sejumlah material dan kayu, Sabtu (22/5/2021).

"Dari Koramil akan mensupport bantuan berupa kayu untuk membenahi rumah korban yang roboh akibat gempa di Blitar semalam," kata Danramil 0825/05 Kalibaru, Kapten Kav Mathori.

Pihak Koramil Kalibaru sendiri sudah berkoordinasi dengan Camat dan Kepala Desa setempat. Selain dukungan berupa kayu, korban gempa Blitar ini juga akan mendapatkan bantuan berupa material bangunan lainnya.

Sejauh ini, proses pembersihan puing-puing masih berlangsung. Secepatnya, proses pembangunan ulang akan segera dilakukan. Danramil berdoa tidak ada lagi gempa susulan sehingga tidak terjadi kerusakan yang diakibatkan.

"Gempa Blitar tersebut berdampak kepada warga kami di Kalibaru. Saat ini pembersihan masih berlangsung dengan dibantu oleh TNI. Karena fungsi kami juga untuk membantu dan meringankan beban masyarakat," katanya.

Sementara pemilik rumah, Baruq Ahmad mengaku kejadian ambruknya dapur miliknya berlalu begitu cepat. Kala itu dirinya baru selesai mandi sedangkan anggota keluarga lainnya sedang memasak di dapur.

Beruntung, sebelum gempa terjadi dirinya dan anaknya yang sedang memasak di dapur beranjak menuju ruang keluarga. Sehingga saat peristiwa robohnya dapur tersebut terjadi, tidak sampai menelan korban jiwa.

"Untungnya saya dan anak sudah kedepan (ruang tamu). Kaget tiba-tiba ambruk. Anak saya lagi masak belum selesai itu padahal," kata Baruq Ahmad, korban gempa.

Diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Jumat (21/5/2021) malam sekitar pukul 19:09 WIB.

Gempa ini mengakibatkan sebuah rumah di Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi ambruk di bagian dapur. Rumah yang ambruk tersebut milik Baruq Ahmad, warga Dusun Krajan, Desa Kalibaru Kulon, Kecamatan Kalibaru.

Gempa yang berpusat di kedalaman 110 kilometer dengan titik koordinat 8,63 LS-112,34 BT tepat di titik 57 kilometer arah tenggara Kabupaten Blitar tersebut mengguncang Banyuwangi hampir 10 detik. Meskipun cukup keras, namun gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Selain merobohkan rumah, gempa Blitar tersebut juga dirasakan warga pesisir selatan Kabupaten Banyuwangi. Warga yang panik keluar rumah saat gempa terjadi. Bahkan, beberapa warga memilih untuk bertahan diluar rumah karena khawatir terjadi gempa susulan. (Im)

Related

Suara TNI 4229053276977953756

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item