Kades Sunarto Rangkul Pemuda Cluring Diajak Membangun Desa

Kades Sunarto Dan Pemuda Cluring Saat Ngobrol Bersama

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Berbicara tentang Pemuda dan Desa tentunya kedua topik ini adalah topik yang sangat seksi untuk kita bicarakan dan diskusikan.Pemuda sangat identik dengan Perubahan (agen Of Change), yang idealismenya tinggi dan juga kreativitasnya, serta semangat juang masih tetap terjaga apalagi jika dipoles dengan berbagai macam ilmu pengetahuan serta bisa diaplikasikan dalam sebuah aksi nyata, maka akan terciptalah sebuah perubahan itu sendiri.

Menjadi pemuda pada masa sekarang adalah sebuah tantangan yang perlu dijadikan motivasi bagi kita, mengapa tidak?. Pemuda mempunyai peran besar membangun desa dan bangsa. Dari desalah pemuda lahir menjadi generasi masa depan pemimpin bangsa. Yang siap merangkul siapapun tidak membeda-bedakan dari kelas bawah sampai atas. Dalam sejarah tiap-tiap bangsa yang lama tertindas, pemudalah yang menjadi pelopor, perintis jalan menuju perbaikan nasib bangsa atau desa. Maka dari itu pemberdayaan pemuda perlu dilakukan dari dukungan masyarakat dan pemerintah desa. sehingga menjadi bibit unggul yang siap bersaing melawan zaman.

Hal ini disampaikan Kades Cluring Sunarto saat memberikan wejangan terhadap pemuda Cluring, bertempat di pendopo balai desa saat ngobrol bareng dipenghujung romadhon ini Minggu, (9/5/2021).

Menurut Sunarto sebuah kemajuan dan kemunduran, kuncinya terletak pada sang pelopor yakni pemuda itu sendiri,terjadinya perubahan terletak pada peran pemuda yang sering kali menjadi tokoh

utama dan mampu berperang melakukan suatu perubahan,"ungkap Kades Sunaryo sambil ngobrol bareng tersebut. 

Lebih lanjut Kades 2 periode terpilih itu menghimbau agar pemuda Cluring menjadi lokomotif atau menjadi bagian rangkaian perubahan yang siap membawa perubahan untuk desanya agar menjadi masyarakat yang beradab dalam

membangun, menjalani dan memaknai kehidupanya.Peran pemuda yang pertama adalah membangun sinergi bersama sesepuh desa serta perangkat desa setempat. keberadaan sesepuh desa tidak menutup kemungkinan dapat menjadi penghambat gerakan pemuda desa jika tidak adanya sinkronisasi antara sesepuh desa dan pemudanya. Diperlukan adanya pendekatan antara keduanya dengan memprioritaskan rasa memahami sehingga para sesepuh desa mampu paham dengan tujuan gerakan pemuda desa. Dalam hal tersebut, terlibatnya perangkat desa mampu membantu berlangsungnya organisasi pemuda sehingga permasalahan yang timbul dapat diselesaikan secara terkendali,"imbuh Sunarto. 

Disampaikan pula oleh Eko dalita Ahmadi (36) Ketua Pemuda Cluring warga Dusun Kepatihan, Desa Cluring,Banyuwangi Jatim,atas nama remaja dan remaji kami selalu aktif setiap ada kegiatan seni, lingkungan, sosial, dan keagamaan seperti adannya kegiatan rutin yang setiap tahun dilakukan oleh pemuda seperti berbagi sodakoh takjil dan masih banyak lagi yang sudah kami kerjakan, "tutur Eko. 

Eko juga menjelaskan, kami menyuguhkan takjil ditengah - tengah warga ini bertujuan baik tidak lain hanya ingin menambah angka ibadah.Niat saya bersama kawan - kawan tidak lain ibadah bila ada gejolak miring itu hal biasa namannya manusia gudangnya kesalahan dan kekilafan saya minta maaf yang setinggi - tingginnya. Itu hanyalah sebagai bumbu kritik positif kedepannya kami lebih berhati - hati, "paparnya. 

Dengan demikian,agar tidak ada lagi kesalahpahaman atau mis komonikasi sesamannya saya atas nama pemuda yang disaksikan bapak Kades dan Kadus selaku perangkat desa terkait, momen penting diskusi ngobrol santai,terlebih lagi ini bulan suci semoga hikmah manfaatnya pemuda Desa Cluring bisa mewarnai lingkungan memperkuat persatuan kesatuan hingga bisa ikut peran aktif dalam protokol kesehatan (prokes) menghadapi musibah pandemi Covit - 19 ini segera lenyap dari bumi tercinta NKRI.Semangat Generasi Muda! Generasi Harapan Bangsa!

Bangsa Yang Maju adalah Bangsa yang Terdiri Banyak Pemuda yang Berkualitas dan Cinta Terhadap Bangsanya!,"pungkas Eko sambil tersenyum. (Im)

Related

Headline 7816064669681883213

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item