Desa Karangsari Dapat Program Perdana Agro Solution Bawa Berkah Petani

Acara Bupati Ipuk Di Desa Karangsari Disambut Tarian Kebo Keboan

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Pupuk Indonesia bersama pemerintah kabupaten banyuwangi melakukan pencanangan sekaligus penanaman perdana program Agro Solution untuk komoditas padi, di Kecamatan Sempu Desa Karangsari Banyuwangi.

Dalam acara perdana program agro solution ini dihibur kebo – keboan, dimana tradisi kebo-keboan hanya dimiliki oleh masyarakat Banyuwangi, yang menandakan keceriaan di musim tanam,besar harapan diala panen juga mendapatkan kecerian seperti saat cocok tanam padi.

Penanaman itu dilakukan Bupati banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas beserta jajaran Forkopimda,Kepala SKPD antara lain Kadis pertanian Arief Setiawan, Plt.Kepala Dinas pengairan Guntur priambodo , Direktur transformasi bisnis pupuk Indonesia Panji Winantiya Ruki, Dirut pupuk Kaltim Rahmat Pribadi, Dirut pupuk Indonesia Bakir Pasamanan , Camat sempu Kholid Askandar ,Kepala Desa Karangsari Budiyono.

Direktur transformasi bisnis pupuk Indonesia Panji Winantiya Ruki mengatakan, kegiatan ini sekaligus menandai langkah Pupuk Kaltim dalam mendorong produktivitas pertanian padi masyarakat Banyuwangi khususnya Desa Karangsari Kecamatan Sempu , sebagai dukungan Perusahaan dan induk usaha Pupuk Indonesia dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. Program ini diikuti puluhan petani dengan luasan lahan mencapai 100 hektare.

“Agro Solution dapat menjadi solusi mewujudkan ketahanan pangan melalui program intensifikasi, ekstensitifikasi dan mekanisasi pertanian, termasuk kesejahteraan petani dengan memberikan manfaat layanan yang lebih luas secara holistik,” ujar Panji dalam pidatonya Minggu (30/5/21).

“Pupuk indonesia optimis agro solution mampu meningkatkan keunggulan hasil pertanian secara kompetitif, sekaligus menciptakan komunitas masyarakat yang produktif di sepanjang rantai pasok pertanian untuk meningkatkan ketersediaan pangan sesuai kebutuhan pasar,” imbuhnya.

Sedangkan, Bupati Banyuwangi Ipuk memaparkan, agro solution sebagai salah satu wujud tanggung jawab Pupuk Indonesia, tak hanya bertugas memenuhi kebutuhan pupuk, tapi juga turut mendorong peningkatan kapasitas dan produktivitas pertanian di Indonesia.

Hal ini juga menjadi bentuk nilai tambah yang diberikan Pupuk Indonesia bersama seluruh anak usaha, agar peningkatan produktivitas pertanian nasional khususnya di Banyuwangi dalam mendukung ketahanan pangan mampu tercapai secara optimal.

“Pupuk Indonesia menggandeng banyak pihak agar program berjalan maksimal, dengan memfasilitasi berbagai kemudahan bagi petani, agar pertanian nasional dan kesejahteraan petani mampu tumbuh signifikan,” ungkap Ipuk.

Untuk itu Petani, kata dia, akan mendapatkan pendampingan dan supervisi untuk budidaya pertanian dengan tepat, memfasilitasi akses permodalan kepada perbankan maupun lembaga keuangan lainnya, agro input yang berkualitas, serta mekanisasi dan digitalisasi pertanian. Termasuk akses kepada offtaker secara berkelanjutan, hingga asuransi pertanian untuk mengantisipasi gagal panen.

“Berkaca pada hasil yang telah dicapai beberapa daerah, Agro Solution mampu mendorong hasil pertanian, sekaligus meningkatkan daya beli dan nilai tukar petani untuk produk pupuk nonsubsidi, sehingga tak terus bergantung pada pupuk bersubsidi dari Pemerintah,” jelasnya.

Misalnya di beberapa daerah ,komoditas padi mampu mencapai rata-rata 9,7 ton per ha, dari sebelumnya 6 ton per ha. Keberhasilan itu sekaligus pencanangan Agro Solution untuk diperluas di seluruh wilayah sentra pertanian, dengan mengakomodasi berbagai komoditas andalan masing-masing wilayah.

“Tak hanya mendorong produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani dengan meningkatkan nilai tukar terhadap pupuk non subsidi, tapi sekaligus menarik minat milenial untuk terjun di bidang pertanian guna memperkuat ketahanan pangan nasional,” tambah Ipuk.

Dalam acara perdana Agro Solution pihak kelompok tani jenggirat tangi Desa Karangsari Kecamatan Sempu mendapatkan bantuan dana dari pihak perbankan yang di serahkan langsung oleh Bupati Banyuwangi yang di ikuti rombongan.(Im)

Related

Hiburan 7323692780750905430

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item