Dapat Program Gratis Ongkir, UMKM Di Banyuwangi Membuat Konsumen Tertarik

Bupati Ipuk Bersama Kepala Kantor Pos Banyuwangi Pelaku UMKM Gratis Ongkir

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memberikan bantuan berupa subsidi gratis ongkos kirim (ongkir) produk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ke seluruh Indonesia melalui jasa pengiriman Kantor Pos.

Program tersebut membuat pelaku UMKM berupaya mengubah strategi pemasaran secara konvensional ke pasar digital (online) dan mulai kembali bangkit memanfaatkan program gratis ongkir tersebut.

Pelaku UMKM olahan makanan De Rilief Jaya, Awalul (36), salah satu yang memanfaatkan program gratis ongkir tersebut. Saat mendengar ada program gratis ongkir, Awalul langsung memaksimalkan pemasaran produknya secara online, seperti olahan ikan pedas, tahu krispi, sambal petis dan sale tepung.

Pasar online dengan biaya ongkos kirim luar kota memang dinilai memberatkan pelanggannya, terutama selama pandemik. Belum lagi kemasan produk yang dikirim ke luar kota juga terbilang lebih mahal untuk menjaga kualitas.

"Sebelumnya karena dampak pandemik saya sempat tidak produksi camilan, hanya dititipkan ke warung dengan kemasan lebih ekonomis. Saat denger ada gratis ongkir ini, seneng banget, karena ke konsumen gak mikir ongkir lagi. Kalau ongkir kan berat," ujar Awalul saat dihubungi, Minggu (23/5/2021).

Awalul saat ini sering mengirimkan paket makanannya ke Surabaya, Bali, Malang, dan Cirebon. Untuk mendapatkan program tersebut, ia cukup menunjukkan KTP dan salah satu syarat, yakni Nomor Induk Berusaha (NIB), atau surat keterangan usaha dari kelurahan bagi yang belum memiliki NIB.

"Cuma bawa NIB sama KTP ke kantor Pos terdekat," katanya.

Sementara itu, pelaku UMKM lain asal Banyuwangi, Endang Sulistiawati, juga memanfaatkan program ini dengan mengirim produk rambak ikan kakap, ke Kudus dan Bandung.

"Sebelum pandemik pesanan banyak, sehari bisa 100 bungkus. Sekarang pesanan mulai banyak lagi, tapi belum sebanyak dulu, baru separuhnya. Semoga ongkir gratis semakin memantapkan usaha kami," ujarnya.

Sebelumnya akibat pandemik yang membuat pesanannya turun dan berhenti produksi. Ia akhirnya terpaksa memberhentikan 2 pekerjanya.

"Tadinya karyawan ada dua, terpaksa diberhentikan selama pandemik," ujarnya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, para pelaku usaha mikro dan kecil di Banyuwangi bisa mengirim paket ke seluruh Indonesia secara gratis melalui PT Pos Indonesia. Biaya pengiriman tersebut ditanggung pemerintah Kabupaten Banyuwangi sejak meneken kesepakatan bersama Kepala PT Pos Indonesia Regional Jawa Timur Adi Sunarno, Kamis (22/4/2021).

"Semuanya gratis, kirim ke seluruh Indonesia. Ini adalah upaya membantu pemulihan ekonomi. Ayo usaha mikro-kecil gencar berpromosi di media sosialnya, lewat WhatsApp, di beberapa marketplace, dan sebagainya; kami yang tanggung biaya kirimnya," ujar Ipuk.

Sedangkan Kepala Kantor Pos Cabang Banyuwangi, Vicky Vidianto menjelaskan, sudah mulai banyak usaha mikro-kecil yang memanfaatkan program ongkir gratis yang dibiayai Pemkab Banyuwangi ini. Pelaku usaha hanya perlu membawa salah satu syarat, yakni Nomor Induk Berusaha (NIB), atau surat keterangan usaha dari kelurahan bagi yang belum memiliki NIB.

"Banyak pula pelaku usaha yang datang untuk bertanya. Tinggal tunjukkan KTP dan NIB atau SKU, bisa ongkir gratis dari 23 kantor Pos yang ada di Kabupaten Banyuwangi, "pungkasnya. (Im)

Related

Pemerintahan 8312545973739164915

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item