Warga Desa Sambirejo Senyum Ceria Warnai Pembagian Sertifikat Tanah PTSL

Warga Masyarakat Saat Terima Sertifikat PTSL

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Ribuan warga Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, berjubel mendatangi kantor desa seraya tersenyum ceria, setelah mendapatkan sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL). Sertifikat diserahkan langsung Hadi Purnomo Kepala Desa (Kades) Sambirejo di pendopo desa setempat, Sabtu (3/4/2021).


Kades Purnomo menyampaikan, hal ini dalam rangka mendukung program strategis nasional khususnya kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dimana pada 2025, Presiden RI Joko Widodo sudah menargetkan semua bidang tanah di seluruh Indonesia harus sudah bersertifikat. Sedangkan untuk Provinsi Jawa Timur, program itu ditargetkan selesai pada 2023.


Kades juga menambahkan, dengan adanya sertifikat ini berarti status kepemilikan tanah sudah jelas. Lebih dari itu, sertifikat juga bernilai guna sebagai modal masyarakat untuk membuka usaha, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.


PTSL Desa Sambirejo2

PTSL Desa Sambirejo1

“Saya berpesan kepada warga masyarakat agar menggunakan sertifikat ini dengan bijak dan sesuai peruntukkannya,” pesannya.


Kades juga mengaku, Pemerintah desa sangat mendukung adannya program PTSL. Yakni untuk mengalokasikan APBD Program Daerah (Proda) yang direncanakan dalam APBD untuk perubahan, sebanyak 256 bidang tanah sudah diterima langsung warga masyarakat dengan gembira.


“Terima kasih kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuwangi atas sinergitas dan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini. Selama masa pandemi, tidak pernah bosan saya mengingatkan agar selalu berhati-hati. Harus waspada namun tidak panik, supaya tidak tertular virus corona,” tuturnya.


Kades Pur juga menghimbau, supaya masyarakat jangan lupa untuk selalu menggunakan masker ketika keluar rumah, berperilaku hidup bersih dan sehat dengan sering melakukan cuci tangan makai sabun dengan air mengalir, serta menjaga jarak.


Kades murah senyum tersebut juga menjelaskan, suksesnya program PTSL menandakan program presiden telah diimplementasikan dengan baik. Ia berharap, semoga desa-desa lain di Banyuwangi tahun depan juga mendapatkan alokasi PTSL.


Kades mengungkapkan berbagai manfaat yang diperoleh usai penyertifikatan tanah. Di antaranya, sertifikat dapat digunakan untuk agunan pinjaman di bank. “Tentunya pinjaman yang diajukan untuk kegiatan produktif, bukan konsumtif,” pungkasnya. (Im)

Related

Headline 5063895246811354171

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item