Terkait Gantung Diri Tahanan, Kasubbag Humas Polresta Banyuwangi Benarkan Steedmand Pihak Puskesmas

Kantor Polsek Licin

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Bak kata pepatah, sepandai-pandainya menyimpan bangkai pasti akan tercium juga. Itulah yang saat ini di alami Polresta Banyuwangi dengan adanya kejadian meninggalnya tahanan Polsek Licin yang tewas secara mengenaskan dengan cara gantung diri di dalam kamar sel tahanan pada hari Selasa 6 April 2021.

AF (45) warga Dusun Krajan, Desa Jelun Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur, terduga pelaku tindak pidana pencabulan anak dibawah umur yang menjalani penahanan di Mapolsek Licin sejak 20 Maret 2021 lalu, di dapati meninggal secara mengenaskan dengan cara gantung diri di dalam kamar sel tahanan Mapolsek Licin. Berita tentang meninggalnya tahanan ini membuat gempar warga Banyuwangi.

Meskipun Isa (35) istri korban saat di konfirmasi beberapa awak media di kediamannya terkesan menutup-nutupi penyebab kematian korban, dan mengatakan meninggalnya korban karena penyakit lama yang kambuh. "Suami saya meninggal karena sakit Maag bukan gantung diri," ucap Isa.

Ironisnya, Kapolsek Licin Iptu Daliyono juga terkesan menyembunyikan dan lebih baik diam terkait kejadian gantung diri yang menimpa tahanannya, saat di konfirmasi lewat jaringan HP. Bahkan, Kapolsek juga tidak berkenan menjelaskan terkait masalah ini, dengan alasan sudah di handle langsung oleh pihak Polresta Banyuwangi.

"Demi menjaga semua pihak berdasarkan komitmen bersama, untuk informasi rincinya silahkan menanyakan langsung ke Kapolresta," jelas Daliyono Kapolsek Licin. 

Sementara itu informasi dari pihak Puskesmas Licin yang memeriksa jenasah korban sangat berbeda dari keterangan keluarga. Melalui Kepala Puskesmas dr Nira Ista Dewi, membenarkan jika kematian pasien murni akibat gantung diri. Dari hasil pemeriksaan, menurut Nira tidak diketemukan tanda-tanda kekerasan dan hanya terdapat luka dibagian leher. "Pasien murni bunuh diri tidak ada tanda-tanda kekerasan,  hanya ada bekas jeratan di leher saja, dan pihak Pukesmas pun sudah melakukan pemeriksaan sesuai prosedur," papar dr Nira.

Di waktu yang berbeda, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin melalui Kasubbag Humas Ipda Lita Kurniawan, membenarkan terkait informasi yang diberikan oleh pihak Puskesmas Licin tersebut. Bahkah, Ipda Lita meminta pihak wartawan agar tidak memperpanjang pemberitaan terkait meninggalnya tahanan Polsek Licin yang tewas mengenaskan dengan cara gantung diri di dalam kamar sel tahanan.

"Mau diberitakan gimana lagi mas, kemarin kan sudah sampean beritakan. Kalau kemarin sudah konfirmasi ke Puskesmas ya sudah. Kejadiannya apa yang di katakan pihak Puskesmas itu lah," jelas Lita saat di hubungi lewat jaringan WhatsApp, Jumat (9/4/2021). (Im)

Related

Metropolis 4395170980757288767

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item