Prof.Dr.H.Muhammad,M.Pd. MS, Dukung Polda NTB Perkuat Zona Integritas, Nol Narkoba No Korupsi

Prof. Dr. H. Muhammad,M Pd. MS.

MEMOPOS.com,NTB - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) Prof.Dr. H.Muhammad,M.Pd.MS. menyatakan mendukung Tekad  Polda NTB melalui Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda NTB, Menuju Zona Integritas Zero Narkoba Dan No Korupsi.

Demikian dikatakan Guru Besar UIN Mataram NTB Prof.Dr.H. Muhammad,M.Pd.MS yang juga sebagai  Ketua Dewan Penasehat DPD.Himpunan Pengusaha Mikro,Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO) NTB disela- sela kesibukan diruang  kerjanya ditemui Korlap MEMO POST Muhammad Taqwa, Kamis (22/4/2021) di Mataram.

Guru Besar yang dikenal santun itu menjelaskan kepada wartawan bahwa mereka yang menggunakan obat- obatan terlarang banyak disebabkan oleh pengaruh buruk lingkungan.

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat.

Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa padahal pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa.

Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan. 

Ketergantungan obat dapat diartikan sebagai keadaan yang mendorong seseorang untuk mengonsumsi obat- obatan terlarang secara berulang-ulang atau berkesinambungan. 

Apabila tidak melakukannya dia akan merasa ketagihan.  Mengakibatkan perasaan tidak nyaman bahkan perasaan sakit yang sangat pada tubuh.

Menurut Prof.Dr.yang berwajah ganteng ini upaya pencegahan terhadap penyebaran narkoba di kalangan pelajar, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama.tegasnya.

 Dalam hal ini semua pihak terutama orang tua, guru dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak kita.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan keja sama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba, atau mungkin mengadakan razia mendadak secara rutin. Sebutnya.

Pendampingan orang tua itu pun sangat penting dengan memberikan kasih sayang dan perhatian.

Menurut Dosen Senior itu,Direktorat Pemberantas Peredaran Narkoba Polda NTB itu telah  Menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) Di Tribun Lumbung Lapangan Bhara Daksa Mapolda NTB Pada Kamis (22/4/2021) di Matatam sehingga diharapkan semua pihak mendukung penuh Polda NTB dalam memberantas Narkoba.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, SIK, MH, mengapresiasi langkah yang diambil Ditresnarkoba Polda NTB di bawah kepemimpinan Kombes Pol. Helmi Kwarta Kusuma PR., SIK, MH.

Kapolda mendukung  sebagai komitmen mewujudkan NTB Zero Narkoba dan Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

“gagasan ini tentu tidak bisa sampai penandatanganan zona integritas saja.  Tetapi yang lebih penting adalah aplikasi nya di lapangan,” tegas Kapolda.

“Saya sangat mendukung adik saya (Kombes Helmi, red) ini, menjadikan NTB nol narkoba,” tegasnya.

Ia menjelaskan, narkoba merupakan musuh yang paling besar dan menjadi momok di semua belahan dunia.

Terlebih lagi jika masalah narkoba telah menelusup pada sendi-sendi kehidupan bermasyarakat. 

Kapolda NTB mengingatkan, menyelesaikannya harus dilaku kan secara masif dengan mengandeng berbagai entitas.

“Yang jelas, narkoba ini berdasarkan rancangan, dan ini menunjukkan penanganan serius dan harus bergandengan tangan entitas masyarakat yang lain.

 Tidak bisa hanya dengan bergerak sendiri, ”ujar mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu.

Jenderal  bintang dua itu menjelaskan, dalam upaya mewujudkan zona integritas nol narkoba yang dibutuhkan orang yang tepat.Termasuk orang yang memiliki integritas dan atau tekad kuat.

“Mungkin diperlukan adanya pria di belakang pistol (pria di belakang pistol, red), atau bahkan negara di balik pistol (pistol negara di balik, red),” ucapnya.

Ditempat sama  Direktur Resnarkoba Polda NTB dalam pengantarnya menyatakan penandatanganan MoU ini terinspirasi dari hasil pemantauan dan evaluasi (monev), terhadap kinerja dan pengalaman Ditresnarkoba Polda NTB beberapa tahun terakhir.

“Banyak tangkapan kami, yang sebelumnya adalah pelaku yang melaksanakan rehabilitasi, setelah menjalani rehab malah masuk penjara lagi. 

Artinya, ada yang belum tuntas dalam penanganan para rehaber ini, ” Sebut Kombes Helmi.

Disebutkan, salah satu pemicu rehaber (orang yang direhabilitasi, red) kembali melakukan aktivitas sehingga direhab. 

Setelah selesai menjalani rehabilitasi si-rehaber tidak memiliki pekerjaan dan pendapatan untuk membiayai kebutuhan hudupnya sehari- hari.

 Kondisi yang sama, mantan narapidana kasus narkoba yang keluar dari penjara

Mereka tidak punya sumber keuntungan (manfaat atau keuntungan, red) untuk biaya hidup bersama keluarga.

 Oleh karena itu, pihaknya sedang mencari format, upaya agar setelah menjalani rehab mereka tidak lagi kembali ke dunia itu, ”tuturnya

“Itu yang kami maksudkan mengajak strakholder lain, termasuk lembaga rehab Aksi NTB dan Yayasan Lentera Hati NTB,” tambahnya.

Pamen Polri melati tiga itu juga menyampaikan, dengan didukung komunitas Pemuda Mandiri yang merupakan kumpulan para, yang telah membuat atau mengadakan suatu peralatan yang dapat menghasilkan suatu produk, yang nantinya akan diperuntuk kan bagi rehaber narkoba.

“Rehaber nantinya akan dibina, diberi pelatihan keterampilan, dan menjadi manusia yang terampil serta memiliki keterampilan yang mumpuni. 

Jadi setelah menjalani rehabilitasi, kami berharap mereka tidak lagi kembali ke dunia narkoba dan punya sumber manfaat untuk membiayai hidupnya, ”jelas Helmi.

Penandatanganan  MOU tersebut disaksikan Kapolda NTB, para pihak yang mendukung zona integritas Ditresnarkoba Polda NTB menuju NTB Zero Narkoba dan WBK. 

Pembubuhan tanda tangan pada piagam MoU dan bentangan karton ukuran jumbo itu antara lain Direktur Resnarkoba Polda NTB, Kepala BNNP NTB, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Mataram, Kepala Bea dan Cukai NTB, perwakilan BPOM dan Ombudsman Perwakilan NTB serta Kepala Dinas Sosial NTB.


Turut  membubuhi tanda tangan perwakilan tokoh agama dan perwakilan media, dari unsur wartawan atau pewarta hukum dan kriminal NTB.


(Taqwa NTB)

Related

Headline 1489183006322263567

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item