PKBM Mamba'ul Huda Sumberurip, Sukses Selenggarakan UPK Paket C 2021

Saat Kegiatan Belajar Paket C


MEMOPOS.com,Banyuwangi - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mamba'ul Huda Jum'at (2/4/2021) sukses dilaksanakan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) tahun 2021.


Motivasi warga belajar baik fisik dan psikologis untuk mencapai tujuan tanpa memandang batas usia mengikuti pendidikan kesetaraan program paket C di PKBM Mamba'ul Huda Sumberurip, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, sangat tinggi dan penuh semangat.


Warga belajar mengikuti paket C dengan harapan memperoleh ijazah setara SMA/MA sebagai persyaratan pekerjaan, serta pendidikan ke jenjang lebih tinggi ,Faktor internal yang mempengaruhi motivasi warga belajar yaitu kondisi jasmani dan rohani sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan sosial, latar belakang keluarga, tingkat pendidikan orang tua, dan ekonomi.


Ujian ini merupakan syarat wajib yang harus mereka lalui sebelum kelulusan maupun sebelum mendapatkan ijazah.


“Sebenarnya ujian ini sudah kami gelar sejak tanggal 28 Maret lalu dan berakhir pada hari ini,” Ujar Ketua PKBM Mamba'ul Huda Saiful Bahri.


Saiful juga menjelaskan, warga belajar paket C menjalani ujian untuk 9 mata pelajaran untuk program IPS. Di antaranya Pendidikan Agama, PPKN, bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, pendidikan jasmani, geografi, sejarah dan ekonomi.Terkait soal ujian, disusun oleh tim dari Forum Tutor yang bekerja sama dengan Forum PKBM.


Warga belajar paket C mengerjakannya dalam lembar soal yang sudah di siapkan oleh Panitia UPK PKBM Mamba'ul Huda. Menurutnya pelaksanaan ujian ini dilakukan oleh 80 warga belajar itu dibagi dalam 4 ruang kelas yang masing-masingnya diawasi oleh 2 pengawas dari tutor PKBM Mamba'ul Huda.


Sebelum ujian, ada proses pembelajaran yang dilakukan setiap hari minggu sebagaimana terjadwal di kantor sekretariat PKBM Mamba'ul Huda yang sudah aktif dilakukan,” Papar Saiful.


Dari warga belajar yang mengikuti ujian tersebut, lanjut Saiful, ada warga belajar yang membawa anaknya ke ruang ujian, karena memang masih berumur bulanan.


Saiful sangat yakin, dengan persiapan yang mereka lakukan sebelum ujian, para warga belajar dapat mengerjakan ujiannya dengan baik dan mendapat nilai yang baik pula.


Sementara itu, seorang warga belajar yang membawa anaknya di ujian pendidikan kesetaraan tersebut, mengungkapkan bahwa dirinya siap mengikuti ujian kesetaraan walaupun harus membawa anaknya yang masih balita. "Apapun saya siap, karena harapan saya sangat besar, demi tercapainya tujuan yakni mempunya ijazah setara SLTA," ungkap Sinade Ningrum dengan nada tersenyum semangat, sembari menggendong sang buah hati.(SG)

Related

Headline 9127755429211636699

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item