Perbaikan Listrik Sudah Menyala Wisata Alas Purwo Dibuka Kembali

Listrik Sudah Menyala Kembali TN Wisata Alas Purwo Mulai Dibuka Kembali 

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) akhirnya kembali dibuka seiring dengan usainya perbaikan jaringan listrik yang rusak karena diterjang  angin kencang.Sebelumnya, akses menuju salah satu situs Geopark Ijen ini sempat ditutup, karena sebanyak 18 tiang listrik roboh melintang di sepanjang jalan masuk. Tak hanya itu, Destinasi wisata tersebut padam total karena tak teraliri listrik.

Koordinator Perlindungan Balai TNAP, Sucipto, menyatakan, pembukaan TNAP untuk kunjungan wisatawan bisa dilakukan lebih cepat karena proses evakuasi pohon dan tiang listrik yang tumbang bisa dilakukan lebih cepat dari perkiraan.

"Tadi pagi sudah buka. Tadi malam sebenarnya sudah bisa, tapi belum bersih semua," jelasnya kepada wartawan ini Sabtu, (10/4/2021).

Menurutnya, sebetulnya akses jalan yang sempat tertutup pohon dan tiang listrik masih belum bersih. Namun jalan sudah bisa dilewati kendaraan.

"Sudah bisa diakses. Wisatawan sudah bisa berkunjung," katanya.

Hari ini, lanjut Sucipto, sudah ada wisatawan yang berkunjung ke TNAP. Namun jumlahnya tidak banyak. Penyebabnya, selain kondisi cuaca masih hujan dan umumnya kunjungan wisatawan ke TNAP terjadi pada akhir pekan.

"Mungkin Sabtu, Minggu baru banyak. Apalagi ini belum weekend dan cuaca hujan jadi mungkin masih takut juga karena anginnya juga kencang," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala PLN UP3 Banyuwangi Krisantus H. Setyawan, mengatakan pihaknya sengaja mempercepat perbaikan jaringan listrik yah rusak menuju TNAP. Karena selain untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan, akses listrik ke TNAP sangat penting.

"Ini bentuk pelayanan prima kami dalam kebutuhan listrik untuk wisatawan," ujarnya kepada MEMOPOS.com.

Proses perbaikan berlangsung selama 2 hari. Hari pertama, pihaknya sudah mengganti sebagian tiang listrik dari 18 yang roboh dan patah. Selanjutnya, dilakukan pemasangan dan penyambungan kabel untuk dialiri listrik ke dalam destinasi wisata.

"Sudah selesai semua. Tiang listrik ada yang patah 18 unit. Semua sudah diganti hari pertama penanaman tiang. Karena terkendali cuaca dan kondisi gelap kita lanjutkan keesokan harinya," tambahnya.

Pihaknya berharap, kondisi seperti ini tidak terjadi lagi. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Taman Nasional dan Perhutani untuk melakukan pemotongan pohon yang berada di sekitar aliran listrik.

"Kita mohon jika diizinkan ataupun dilakukan secara mandiri, untuk melakukan pemotongan pohon yang ada di sekitar aliran listrik. Agar tidak terjadi seperti ini," pungkasnya.

Sebelumnya, sebanyak 25 tiang listrik di TNAP roboh, Selasa, 6 April 2021 malam lalu. Pemicunya, angin kencang yang terjadi di wilayah itu menyebabkan pohon tumbang dan mengenai jaringan listrik. Sehingga mengakibatkan 25 tiang listrik tumbang.

Kondisi ini menyebabkan akses jalan tertutup. Pengelola TNAP akhirnya memutuskan menutup TNAP dari kunjungan wisatawan. Rencana awal, destinasi wisata alam di ujung selatan Banyuwangi ini akan ditutup sekitar 3 hari sampai seminggu. Namun proses pembersihan berjalan dengan cepat sehingga penutupan hanya dilakukan sehari saja.(Im)

Related

Headline 2955411551706178791

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item