Pemkab Banyuwangi Melakukan Penyemprotan Cegah Nyamuk DBD Melalui Gertak PSN

Gertak Saat Mwlakukan Penyemprotan Di Desa Tambong

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan wabah DBD, Pemkab Banyuwangi menginstruksikan untuk semua kecamatan di Kabupaten Banyuwangi supaya melaksanakan giat Gertak PSN (Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk) pada Hari Jum'at (30/4/2021).

Seperti halnya yang dilakukan salah satu desa di Banyuwangi yaitu desa Tambong di Kecamatan Kabat menindaklanjuti perintah dari Pemkab Kabupaten Banyuwangi mengenai pencegahan dan pemberantasan jentik-jentik nyamuk, Pemdes dan Poskedes Tambong langsung melakukan pemeriksaan serta sosialisasi dalam upaya pencegahan dan pemberantasaan jentik-jentik nyamuk aedes Aegypti, dalam pemeriksaan tersebut petugas menemukan jentik-jentik nyamuk disalah satu rumah warga.

"Alhamdulilah, ada beberapa rumah yang sudah bagus dengan adanya ikan (ikanisasi), memperhatikan kebersihan kamar mandinya, walaupun masih ditemukan jentik nyamuk yang terdapat di ban Bekas di halaman rumah warga karena genangan air hujan sampai masyarakat tidak sadar, walaupun begitu kami akan tetap berusaha terus dalam pencegahan dan penanggulangan jentik nyamuk," Kata Abdul Karim S.kep salah satu tenaga kesehatan di Poskesdes Tambong.

Sementara itu, Camat Kabat Susanto Wibowo menyampaikan kepada Grafikanews.com saat di wawancarai di kantor kecamatan Kabat pada hari Jum'at (30/4/2021).

"Untuk kecamatan kabat itu dilaksanakan di setiap desa dari 14 desa, konsentrasi kunjungan kami dari forum pimpinan kecamatan (PKM) yaitu di desa Dadapan, kita menghimbau kepada masyarakat untuk kerja bakti rutin minimal setiap 4 hari sekali untuk melakukan 3M (Menguras, Menutup, dan Mengubur), sasaran utama adalah jentik dari nyamuk Aedes aegypti", jelasnya.

Menurutnya, DBD bisa di cegah salah satunya dengan Gemericikplus tapuk terobosan dari Puskesmas Kecamatan Kabat yaitu gerakan memberantas secara mandiri koloni jentik nyamuk plus menanam tanaman pengusir nyamuk disetiap rumah tangga.

"Untuk warga masyarakat kita berikan pemahaman tanaman yang bisa mengusir nyamuk salah satunya adalah sere, kita berikan sere agar di tanam disetiap rumah warga, manfaatnya banyak disamping sebagai pengusir nyamuk bisa juga untuk masak, dll," imbuhnya.

Camat Kabat berharap program ini bisa berjalan secara terus menerus hingga menjadi kebiasaan supaya masyarakat bisa terbebas dari Demam Berdarah (DBD).

"mudah-mudahan ini bisa berjalan secara berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga warga masyarakat terbebas dari DBD,"Harapnya.(Im)

Related

Headline 918027629048115447

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item