Memperkuat Kerukunan dan Toleransi Sesama Agama Peradah Umat Hindu Sumbermanggis Bagi Takjil

Perada Umat Hindu Sumbermanggis Berbagi Takjil Untuk Meningkatkan Kerukunan Antar Umat Beragama

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Tahun 2021 menjadi tahun kedua umat muslim di Indonesia menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan situasi pandemi COVID-19. Namun, hal itu tidak menyurutkan niat sejumlah instansi untuk tetap beramal di bulan suci Ramadhan.

Salah satunya, dengan melakukan kegiatan pembagian takjil gratis kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Peradah (Perhimpunan Pemuda Hindu) Dusun Sumbermanggis.

Puluhan pemuda Hindu di Banyuwangi membagikan takjil kepada pengendara yang melintas di sekitar Simpang 3 Dusun Sumberurip, barat Pondok Darussalam Blokagung, Minggu (25/4/2021).

Kegiatan ini disebut untuk menggaungkan semangat pluralisme dan toleransi antar umat beragama yang selama ini terjalin sangat rukun di Banyuwangi.

Menggunakan pakaian khas Hindu Dharma, para peradah Hindu dari Dusun Sumbermanggis, desa Barurejo, Kecamatan Siliragung ini nampak berbaris rapi. Mereka membagikan takjil kepada setiap pengguna jalan yang melintas.

Kegiatan ini cukup menarik perhatian pengguna jalan yang melintas. Apalagi, para pemuda Hindu ini kompak dengan kostum khas mereka saat beribadah.

Selama pembagian takjil, para pemuda Hindu tersebut sangat di apresiasi oleh warga sekitar. Tak jarang pengguna jalan memilih berhenti untuk menerima pemberian takjil tersebut.

"Kami ingin membuktikan jika di Banyuwangi kerukunan umat beragama terjalin dengan baik. Karena itu, kami menggelar bagi takjil untuk menghormati umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Kami ingin berbagi dalam keberagaman," kata Yunita, perwakilan peradah Hindu kepada warta.

Pihaknya berharap kerukunan beragama di Banyuwangi bisa menjadi inspirasi nasional. Dia juga berharap kegiatan menggaungkan pluralisme bisa berlanjut dalam kegiatan-kegiatan lain di Banyuwangi. (Jir)

Related

Sosial Budaya 8546946262570449150

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item