Hikmah Ramadhan DPC. Lobar Dan DPC. KLU Bersilaturrahmi Ke DPD.HIPMIKIMDO NTB

Guru Besar Universitas Islam Negeri NTB Saat Foto Bersama

MEMOPOS.com,NTB - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) sekaligus sebagai Ketua Dewan Penasehat HIPMIKIMDO NTB, Prof. Dr. H.Muhammad,M.Pd. MS menyatakan Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberi kan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat.

Demikian dikatakan Guru Besar UIN Mataram NTB Prof. Dr.H.Muhammad, M.Pd.MS, yang juga sebagai Ketua Dewan Penasehat HIPMIKIMDO NTB saat di temui Koordinator Liputan (Korlap) Muhammad Taqwa seusai menghadiri acara Silaturrahmi Pengurus DPC. Lombok Barat dan DPC. Lombok Utara bersama sejumlah Pengurus DPD. HIPMIKIMDO NTB baru-baru ini di Mataram.

Guru Besar yang dikenal cerdas itu menjelaskan HIPMIKIMDO adalah singkatan dari Himpunan Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Indonesia. HIPMIKIMDO inilah salah satu Organisasi kemasyarakatan yang mewadahi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

UMKM sudah memiliki Undang -Undang tersendiri Nomor 20 tahun 2008 Tentang UMKM. Undang-Undang UMKM disyahkan oleh Presiden RI Dr.H.Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal,4 Juli 2008 di Jakarta. 

UMKM ini berperan dalam proses pemerataan dan peningakatan pendapatan masyarakat tutur Prof.Dr.yang berwajah ganteng itu.

Dengan demikian UMKM diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan stabilitas ekonomi Nasional. Terangnya.

Lebih lanjut Prof.Dr.H. Muhammad menerangkan bahwa Undang-Undang tersebut telah dicatat dalam tambahan lembaran Negara RI Nomor 4866 oleh Menkumham RI Andi Matalatta pada tanggal, 4 Juli 2008 di Jakarta.

Oleh sebab itu Guru Besar UIN Mataram yang juga sebagai Ketua Penasehat HIPMIKIMDO NTB itu menghimbau kepada Pengurus HIPMIKIMDO dibawah Komando Drs. Jamaluddin sebagai Ketua DPD se NTB untuk tidak bosan bosan dan jangan mengenal lelah dalam berbuat baik untuk maayarakat, bangsa dan Negara. “Lakukanlah hal-hal yang terbaik untuk rakyat. “ tutur Prof Dr.yang santun itu.

Ditempat terpisah Mantan Ketua DPRD NTB sekaligus sebagai Anggota Penasehat HIPMIKIMDO NTB H.Lalu Mesir Suryadi,SH menyatakan selaras dengan pemikiran dan pandangan Prof. Dr. H. Muhammad, M.Pd.MS, bahwa Peraturan Perundang- Undangan yang menjadi dasar hukum UU No. 20 tahun 2008 tentang UMKM adalah Pasal 5 ayat  (1), Pasal 20,Pasal 27ayat (2) dan Pasal 33 Undang- Undang Dasar Negara RI tahun 1945 tuturnya.

Oleh sebab itu ditengah bencana Covid-19 ini lanjut tokoh NTB itu bahwa pengurus HIPMIKIMDO dimana saja berada dihimbau harus bahu membahu membantu pemerintah dan membina masyarakat anggota UMKM agar pendapatan mereka dapat meningkat, antara lain dengan cara gelar pelatihan dan pendidikan. 

Selain itu harus mampu menggali  dana  dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dan atau mengadakan Kerjasama MOU dengan BUMN dan lain imbuh nya.

Ditempat terpisah Penasehat HIPMKIMDO NTB H. Muhammad,SH menambahkan bahwa UMKM adalah salah satu pilar utama ekonomi Nasional yang harus memperoleh kesempatan utama, dukungan,perlindungan, dan pengembangan seluas luasnya sebagai wujud keberpihakan yang tegas  kepada kelompok usaha ekonomi rakyat tanpa mengabaikan peranan Usaha Besar dan Badan Usaha Milik Negara.

Mantan Ketua DPRD NTB 2 Periode itu menambahkan Meskipun UMKM telah menunjukkan peranannya dalam perekonomian nasional, tetapi  masih menghadapi kendala baik yang bersifat internal maupun eksternal.

 yaitu dalam hal produksi dan pengelolaan.pemasaran, sumber daya manusia. desain dan teknologi. permodalam serta iklim usaha.

Mantan Ketua LBH Paradi itu menambahkan Untuk meningkatkan kesempatan kemampuan dan perlindungan UMKM telah ditetapkan berbagai kebijakan tantang pencadangan usaha pendanaan dan pengembanga nnya Tetapi belum optimal.

 Hal ini dikarenakan kebijakan tersebut belum dapat memberikan perlindungan, kepastian berusaha,dan fasilitas yang memadai untuk pemberdayaan UMKM.tutup

 Advokat Senior itu.

Pada acara Silaturrahmi tersebut hadir Ketua DPC. Lombok Barat, Sekeretaris, Bendahara dan sejumlah wakil Ketua dan lainnya.

 Demikian pula Pengurus DPC. Kabupaten Lombok Utara hadir Ketua Sekretris, Bendahara dan sejumlah wakil Ketua dan lainnya. 

Sementara dari DPD. HIPMIKIMDO  NTB, hadir sejumlah pengurus dan Ketua Drs.Jamaluddin,yang memberikan pengarahan kepada Sejumlah Pengurus DPD.NTB maupun kepada pengurus DPC.Lobar dan DPC. Kabupaten Lombok Utara.

Pantauan wartawan media ini,selama acara Silaturrahmi berlangsung para peserta taat protokol kesehatan covid-19. Menjaga jarak,mencuci tangan diair mengali,Memakai Masker serta menghindari kerumunan kecuali  beberapa detik pada saat ambil gambar foto bersama diruangan terbuka.


Taqwa NTB.

Related

Pendidikan 8409770272222668291

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item