Dampak PHK 331 THL Di Banyuwangi Nasip Sekda Terancam Mundur Dari Jabatan

Beberapa Aktifis Banyuwangi Desak Sekda Mundur

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Gonjang ganjing atas pemecatan 331 pekerja THL di lingkungan Pemda Kabupaten Banyuwangi hingga kini belum memberikan hasil yang maksimal,hal ini mengundang para aktifis bumi Blambangan merasa prihatin terhadap keputusan Pemda Banyuwangi melalui SE Sekda Banyuwangi no 8232 pada 25 Februari 2021 silam. Di mana substansi SE Sekda Banyuwangi tersebut salah satunya Dinas di minta mengevaluasi pekerja THL , sehingga hasil nya sebanyak 331 THL di pecat. 

Kebijakan itu tergolong aneh pasalnya kebijakan itu di ambil dalam situasi pandemi , sejumlah aktifis pun melakukan kecaman keras terhadap pemecatan tersebut .

Kecaman keras dan tuntutan aktifis itu yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Peduli Tenaga Harian Lepas dan Pemuda Pancasila Banyuwangi itu merilis sebuah video berdurasi 1,21 menit saat konferensi pers Senin (5/4/2021) .

Dalam konferensi pers yang bertajuk copot sekda, salah satu koordinator Koalisi sebut saja Zamroni mengatakan bahwa pemecatan 331 THL itu tidak manusiawi dan bahkan bertentangan dengan himbauan Pemerintah Pusat yang mewanti wanti untuk tidak melakukan PHK terhadap staf atau pekerja di lingkungan Pemda maupun BUMN .

Dengan demikian, kebijakan yang di ambil tidak manusiawi di saat situasi pandemi “ tandas pria yang juga ketua Ormas DPC Pemuda Pancasila Banyuwangi. Anggapan ini berdasar sejak 331 THL yang di rumahkan itu hingga kini tidak berpenghasilan padahal ratusan THL tersebut memiliki keluarga . Dan yang paling bertanggung jawab kata Zamroni adalah Sekda Banyuwangi, Ir H Mujiono.

Untuk itu kami meminta kepada Bupati Ipuk untuk mencopot Sekda Banyuwangi, Ir H Mujiono atau kami minta Sekda untuk mengundurkan diri dari jabatan nya “kecam nya yang di ikuti tepuk tangan anggota Koalisi.

Tuntutan dan kecaman dari Koalisi Masyarakat Peduli Tenaga Harian akan terus berlanjut jika tuntutan copot sekda ini tidak di penuhi mengancam membawanya ke Pengadilan.

Kami akan menggungat Pemda Banyuwangi melalui jalur hukum,"Tandas Zamroni.

Dan rencana nya sebagai bentuk awal protes jika tuntutan ini tidak di indahkan bahwa Koordinator Koalisi mengatakan bakal menurunkan massa pada Kamis (8/4/2021) ini yang melibatkan 331 THL yang dipecat untuk turun di depan Pemda Banyuwangi untuk melakukan aksi demo.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pernah membeberkan bahwa kasus pengurangan dan pemberhentian ratusan THL Banyuwangi memang viral di media sosial.Tetapi perlu dipahami jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk THL itu sudah melebihi yang dibutuhkan untuk aparatur sipil negara (ASN), jadi ini seperti buah simalakama. Jadi nanti kami akan evaluasi ke depannya bagaimana dan juga nanti akan ada kebijakan-kebijakan yang dilakukan terhadap THL ini agar tidak terlalu terdampak,” Jelas Zamroni. 

Kasus Pemberhentian 331 THL di lingkup Pemda Banyuwangi pada awal Maret 2021 silam, sama hal pil pahit yang di telan Bupati Ipuk di awal kepemimpinannya di Banyuwangi pasca di lantik 26 Februari 2021 lalu.Sehingga sebagian kalangan umum menganggap kebijakan nya sangat berlawanan dengan slogan kampanyenya berduet dengan H Sugirah yakni membuka lapangan kerja se luas luas nya melalui program 1000 lapangan kerja , lantas fakta nya justru berbanding terbalik .(Im)

Related

Headline 6354543052316248960

Posting Komentar

emo-but-icon

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin SIK.MH.

Kapolres  Jember AKBP Arif Rachman Arifin  SIK.MH.
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ - 182

Kodim 0824 Jember

Kodim 0824 Jember
Keluarga Besar Kodim 0824/Jember Beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang 38 Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie (Presiden Republik Indonesia Ke - 3)

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item