Bupati Ipuk Izinkan Sebanyak 102 Pasar Takjil, Tapi Wajib Protokol Kesehatan

Bupati Saat Cek Makanan Takjil Di Pasar

MEMOPOS.com,Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memutuskan untuk mengizinkan pasar-pasar takjil baru di 25 Kecamatan. Hal ini dilakukan untuk mendukung warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan belanja kuliner selama Ramadan.Pertimbangan ekonomi juga menjadi dasar dibukanya izin tersebut.

"Pandemik COVID-19 belum berlalu.Tapi, kami sadari, ekonomi rakyat harus tetap jalan. Untuk itu, saya mengizinkan pasar takjil beroperasi, namun protokol kesehatan tetap harus dikawal," ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Festiandani usai meresmikan pasar takjil di Banyuwangi, Selasa sore (14/4/2021).

Menurut Ipuk, dari 25 Kecamatan tersebut tercatat ada 102 pasar takjil yang tersebar di seluruh Kabupaten Banyuwangi. Animo masyarakat untuk berjualan takjil, dinilai perlu tempat khusus agar mempermudah Satgas COVID-19 memantau protokol kesehatan para pedagang dan pembeli.

"Pengunjung dan penjual harus disiplin pakai masker, jaga jarak, maupun sediakan hand sanitizer. Lewat Satgas akan kami pantau pelaksanaan di lapangan. Ekonomi jalan, tapi penularan COVID-19 bisa kita hindari," katanya.

Selain protokol kesehatan, Pemkab  Banyuwangi juga melakukan uji sampel makanan melalui Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang keliling menggunakan mobil.

"Mobil Labkesda rutin turun ke pasar takjil untuk memastikan makanan yang dijual di sana aman dikonsumsi. Sehingga pembeli juga makin yakin, ujungnya dagangan UMKM laris.Di pasar takjil, para pengunjung juga dianjurkan melakukan pembayaran tanpa uang tunai untuk menekan resiko penularan COVID-19.,"pungkas Ipuk kepada media ini. ((Im)

Related

Pemerintahan 2749915467745131338

Posting Komentar

emo-but-icon

Cafe Angkringan RC Banyiwangi

Cafe Angkringan RC Banyiwangi
Cafe Angkringan RC Banyuwangi Kecamatan Banyuwangi

Kapolres Jember

Kapolres Jember
Kapolres Jember Beserta Staf Dan Jajaran Mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 9 Februari 2021i

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item